Deretan Negara yang Mulai Normal Usai Diterpa COVID-19

Deretan Negara yang Mulai Normal Usai Diterpa COVID-19

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 07 Mei 2020 10:18 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan
Deretan negara yang mulai kembali normal usai diterpa virus Corona atau COVID-19. Foto: Ilustrasi
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda berbagai belahan dunia, sejumlah negara berhasil bangkit dari keterpurukan dan mulai beraktivitas seperti semula. Walaupun tidak bisa sepenuhnya kembali normal, setidaknya warga di negara ini sudah atau akan segara mendapatkan kelonggaran.

Dirangkum detikINET, berikut ini negara-negara yang menuai pujian banyak orang karena keberhasilannya mengendalikan penyebaran virus Corona.

1. Vietnam

Vietnam banyak dipuji karena respons pemerintah dan masyarakatnya yang disiplin melawan ancaman penyebaran COVID-19, sekalipun negara ini berbatasan langsung dengan China daratan. Semua dilakukan dengan kerjasama yang baik sehingga berbuah manis.

Pemerintah Vietnam sigap dalam melakukan pencegahan lewat aturan ketat, penyemprotan disinfektan, dan mendirikan fasilitas penanganan darurat COVID-19 di daerah perumahan dalam upaya deteksi dini infeksi. Warganya pun taat aturan sehingga kini sudah dapat beraktivitas normal meski masih menerapkan social distancing.

2. Korea Selatan

Sebagian wilayah Korea Selatan tampak normal kembali usai wabah Corona mereda dan warga mulai beraktivitas setelah pembatasan sosial dilonggarkan. Setidaknya hal ini terlihat dengan mulai normalnya orang mengunjungi tempat umum seperti Museum Nasional Korea di Seoul yang kembali dibuka pada Rabu (6/4).

"Banyak rekan kami juga kembali bekerja hari ini, jadi kami sangat gembira dengan pembukaan kembali, kami sangat bahagia," kata juru bicara museum Lee Hyun-ju, dikutip dari AFP.

Mike Tyson akan bertinju lagi, serius?