Transaksi GrabFood Naik Selama Pandemi Corona, Ini 3 Menu Terlarisnya

Transaksi GrabFood Naik Selama Pandemi Corona, Ini 3 Menu Terlarisnya

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Rabu, 06 Mei 2020 22:05 WIB
Ojol Antar Makanan Medan Grabfood
Transaksi GrabFood Naik Selama Pandemi Corona (Foto: dok.detikFood)
Jakarta -

Grab Indonesia mengungkapkan ada lima perubahan kebiasaan konsumen Indonesia selama pandemi Corona. Salah satunya sering berbelanja online hingga membeli makanan melalui GrabFood.

Data tersebut didapat berdasarkan riset Grab Analytics dengan membandingkan data pada Maret 2020 lalu dengan Oktober 2019, mengingat, kasus pertama pasien positif virus corona diumumkan pada awal Maret. Berikut datanya.

Selama masa pandemi ini transaksi GrabFood naik sebesar 4%, sementara jumlah makanan yang dipesan dalam sekali pemesanan (basket size) naik sekitar 7%.

Sebelumnya, masyarakat Indonesia lebih banyak berbelanja di GrabFood untuk membeli kudapan sore mereka. Namun pada Maret lalu sebelum puasa, makan siang menjadi waktu di mana mereka berbelanja lebih banyak dengan kenaikan jumlah pesanan makanan sebanyak 9,4% dalam satu kali pesan (basket size).

Saat jumlah pesanan makanan sehat di negara lain menurun, masyarakat Indonesia lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4%. Namun, masyarakat Indonesia tetap suka ngemil, dengan kenaikan jumlah pesanan snack sebesar 15,4%.

Makanan Ayam Goreng tetap menjadi menu terlaris selama masa kerja dari rumah, diikuti oleh Es Kopi dan Aneka Mie. Diketahui sebelum pandemi Corona, 3 menu terlaris GrabFood itu yakni Ayam Goreng, Bubble Tea hingga Pisang Goreng.

Meningkatnya transaksi GrabFood ini juga berpengaruh pada meningkatnya besaran tip yang diberikan konsumen. Tercatat, rata-rata besaran tip untuk pesanan GrabFood meningkat sebesar 63% dibandingkan bulan sebelumnya, dan jumlah pesanan yang diberikan tip meningkat sebesar 38%. Jadi, masyarakat Indonesia tidak hanya memberikan tip lebih sering, namun besarannya juga bertambah.

"Sejak awal pandemi COVID-19 memasuki Indonesia, misi GrabForGood untuk memastikan bahwa kami dapat memanfaatkan teknologi untuk kebaikan terus kami jalankan. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para mitra Grab yang terus bekerja untuk memastikan roda perekonomian di Indonesia terus bergerak. Juga kami ingin berterima kasih bagi pelanggan Grab yang terus mempercayai kami untuk terus melayani setiap hari. Mari bersama melewati ini semua," jelas Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dalam keterangan tertulis Grab, Rabu (6/5/2020).

(prf/fay)