Jack Ma Selamatkan Wajah China karena Corona, Ini Reaksi Trump

Jack Ma Selamatkan Wajah China karena Corona, Ini Reaksi Trump

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 06 Mei 2020 13:28 WIB
Jack Ma Alibaba
Donald Trump Bela Jack Ma Selamatkan Wajah China karena Corona. Foto: Reuters
Jakarta -

Jack Ma mengerahkan pengaruhnya membantu Presiden China Xi Jinping meningkatkan citra negara tersebut di dunia, setelah virus Corona menyebar ke berbagai negara.

Pengaruh Jack Ma di dunia sendiri semakin besar sejak ia mengundurkan diri sebagai Chairman Alibaba Group Holding Ltd. Orang terkaya China ini sekarang memainkan peran penting dalam berbagai upaya filantropis untuk membantu melawan penyebaran COVID-19.

Melalui Alibaba Foundation, Jack Ma diketahui menyumbang test kits virus Corona ke Amerika, mengirimkan berbagai perlengkapan medis ke empat negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan upaya ini terus berjalan agar penyalurannya bisa menjangkau lebih banyak negara.

Bantuan ini tentu saja sangat berarti. Gubernur New York Andrew Cuomo jadi salah satu yang terbaru menyampaikan rasa terima kasih kepada Jack Ma dan pemerintah China atas pengiriman 1.000 ventilator ke daerahnya.

Dimintai komentarnya mengenai sumbangan tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang sebelumnya menyalahkan pemerintahan Beijing karena dianggap gagal memberi cukup informasi tentang virus Corona, kini berbalik positif terkait Jack Ma.

"Jack Ma adalah teman saya. Dan kami sangat menghargai bantuannya," kata Donald Trump seperti dikutip dari Bloomberg.

Berdasarkan data per 9 April, Jack Ma setidaknya sudah mendonasikan 18 juta masker, memasok testing kit dan perlengkapan medis lainnya ke lebih dari 100 negara di dunia, dari Asia, Afrika, Eropa, AS, dan Rusia.

Donasi ini juga membantu pemerintah China menyampaikan niatnya memberikan bantuan secara resmi di tengah kecurigaan besar bahwa negaranya menjadi penyebab pertama penyebaran virus.



Simak Video "Sejuta Masker untuk Jepang Mengalir dari Tangan Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)