5 Fakta Dark Web, Sisi Gelapnya Internet

5 Fakta Dark Web, Sisi Gelapnya Internet

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 04 Mei 2020 12:09 WIB
kejahatan cyber
Fakta seputar 'dark web', sisi lain kehidupan dunia maya. (Foto: Internet)
Jakarta -

Jika kamu sering membaca atau menonton film-film yang berbau hacker, kata 'dark web' atau 'deep web' mungkin kamu sudah tidak asing dengan kata tersebut.

Apalagi dengan kejadian pembobolan akun pengguna Tokopedia dan laporan penjualan vaksin Corona yang diduga palsu dengan menggunakan darah pasien, disebutkan kalau penjualan terjadi di 'dark web'. Tapi sebenarnya apa itu 'dark web' yang disebut sebagai sisi gelap dari kehidupan berinternet? Berikut ini dikutip dari CSO Online, Senin (4/5/2020):


1. Apa itu dark web

Dark web memiliki definisi sebagai bagian dari internet yang tidak terindeks dalam mesin pencarian. Karena itu, aksesnya harus menggunakan Tor browser.

Informasi tambahan, studi pada tahun 2019 yang diketuai Dr Michael McGuires dari University of Surrey menemukan peningkatan angka sebanyak 20% dibandingkan tahun 2016 untuk urusan situs dark web.

2. Aktivitas di dalamnya...

Sisi kelam dari dark web bisa membuat seseorang membeli data diri seseorang, nomor credit card (CC), obat-obatan, bahkan meng-hack computer milik seseorang.

Namun tidak semuanya ilegal, dark web juga memiliki sisi legal. Misalnya, pengguna dapat bergabung dengan klub catur atau BlackBook, jejaring sosial yang digambarkan sebagai 'Facebook of Tor'.