NASA Akan Gratiskan Lisensi Desain Ventilatornya

NASA Akan Gratiskan Lisensi Desain Ventilatornya

Josina - detikInet
Sabtu, 02 Mei 2020 10:04 WIB
NASA kembangkan ventilator, alat kesehatan untuk bantu sembuhkan pasien COVID-19.
NASA Akan Gratiskan Lisensi Desain Ventilatornya. (Foto: NASA via Mashable)
Jakarta -

Salah satu bagian dari peralatan medis yang saat ini paling dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 adalah ventilator sebuah alat bantu pernapasan. Kabar baiknya, NASA telah memberikan lisensi desain ventilator secara gratis.

Ini artinya perusahaan dapat mulai memproduksinya tanpa harus membuang waktu atau sumber daya untuk meneliti desain ventilator. Sehingga dapat cepat memenuhi pasokan ventilator yang dibutuhkan rumah sakit.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo para engineer dari Jet Propulsion Lab NASA telah berkumpul untuk membantu menciptakan desain ventilator yang telah diselesaikan dalam waktu singkat yakni 37 hari saja.

Ventilator ini dinamai VITAL ( (Ventilator Intervention Technology Accessible Locally) desainnya telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) yang artinya perusahaan dapat mulai memproduksinya dan memberikannya ke rumah sakit.

"Sekarang kami memiliki desain, kami bekerja untuk menyerahkan tongkat estafet kepada komunitas medis, dan pada akhirnya pasien, secepat mungkin. Untuk itu, kami menawarkan desain untuk lisensi bebas royalti selama pandemi. " ujar Fren Farina, Kepala Inovasi dan Kemitraan Korporat di Caltech.


Vital telah sukses diuji pada simulator pasien manusia dengan ketepatan tinggi di Fakultas Kedokteran Ichan di Gunung Sinai. Menurut NASA salah satu manfaat dari desain ini adalah menggunakan bagian yang lebih sedikit dibandingkan dengan ventilator tradisional dan dapat juga dimodifikasi untuk digunakan di rumah sakit lapangan.

Ini tidak dirancang untuk menggantikan ventilator yang sudah karena ventilator buatan NASA ini hanya bertahan 3-4 bulan namun dalam keadaan darurat saat ini tentu ventilator ini akan sangat berguna fungsinya.



Simak Video "Detik-detik Ingenuity Melayang Perdana di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)