Hari Buruh Disambut Aksi Virtual di Jagat Twitter

Hari Buruh Disambut Aksi Virtual di Jagat Twitter

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 01 Mei 2020 10:31 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Hari Buruh Disambut Aksi Virtual di Jagat Twitter (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta -

Indonesia dan dunia merayakan Hari Buruh 1 Mei di tengah pandemi COVID-19. Meski tidak ada unjuk rasa, aksi virtual di Twitter tetap ramai.

May Day 2020 dirayakan berbeda dengan sebelumnya. Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) dkk mematikan tidak akan menggelar aksi unjuk rasa dan menggantinya dengan menyumbang alat pelindung diri (APD) dan aksi virtual.

Hal itu tentu bisa dipahami. Di tengah wabah virus Corona, adalah tidak mungkin menggelar aksi unjuk rasa melibatkan banyak orang. Kampanye digital jadi pilihan paling rasional.


Dipantau detikINET, Jumat (1/5/2020) trending topic Twiter diramaikan dengan tema Hari Buruh. #MayDay2020 memuncaki trending topic dengan 34.900 tweet dan disusul #HariBuruh dengan 2.434 tweet.

#MayDay2020 merupakan trending global, sedangkan #HariBuruh lebih mengkampanyekan isu-isu lokal. Ada pesan solidaritas, menolak omnibus law, meme Squidward, foto bersama para buruh sambil pakai masker di masa pandemi, mengenang Marsinah serta Widji Thukul dan lain-lain.






Simak Video "Waduh! Chris Evans Tak Sengaja Posting Foto Mr. P di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)