Zoom Koreksi Klaim Punya 300 Juta Pengguna Aktif Harian

Zoom Koreksi Klaim Punya 300 Juta Pengguna Aktif Harian

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 01 Mei 2020 07:04 WIB
Ikuti Google, Pemerintah Jerman Batasi Penggunaan Zoom karena Isu Keamanan
Zoom Koreksi Klaim Punya 300 Juta Pengguna Aktif Harian Foto: DW (News)
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu Zoom mengumumkan mereka telah memiliki 300 juta pengguna harian. Sejak pandemi virus Corona merebak. Zoom mengaku jumlah penggunanya naik dari 10 juta di Desember 2019 menjadi 300 juta di April 2020.

Pencapaian layanan konferensi video ini diumumkan lewat blog post dan diberitakan oleh banyak media. Tapi Zoom diam-diam meralat kalimat dalam blog tersebut.

Koreksi ini pertama kali dilihat oleh The Verge. Dikutip detikINET, Jumat (1/5/2020) Zoom awalnya menulis bahwa mereka memiliki 'lebih dari 300 juta pengguna harian' dan 'lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia menggunakan Zoom di waktu yang sulit ini'.

Zoom kemudian menghapus kalimat tersebut dari postingan blog aslinya, dan menggantinya dengan kalimat '300 juta partisipan rapat Zoom harian'.

Postingan yang keliru tersebut diedit pada 24 April, hanya sehari setelah klaim awal Zoom digaungkan di seluruh dunia. Setelah ketahuan mengubah klaim tersebut, Zoom menambahkan catatan di blog tersebut dan mengakui kelalaiannya.

"Kami merendah dan bangga untuk membantu lebih dari 300 juta partisipan rapat harian untuk saling terhubung selama pandemi ini. Dalam blog post 22 April, kami secara tidak sengaja menyebut partisipan ini sebagai 'pengguna' dan 'orang'," kata Zoom dalam keterangannya pada The Verge.

"Ketika kami menyadari kesalahan ini, kami menyesuaikan susunan kata menjadi 'partisipan'. Ini merupakan kelalaian dari tim kami," sambungnya.

Perbedaan antara pengguna aktif harian dengan partisipan rapat cukup signifikan. Pengguna aktif harian hanya bisa dihitung sekali dalam sehari, dan biasanya digunakan perusahaan sebagai indikator pengguna layanan mereka.

Partisipan rapat harian bisa dihitung berkali-kali dalam sehari. Misalnya jika seseorang mengikuti lima rapat Zoom dalam sehari maka mereka dihitung lima kali menjadi partisipan rapat.

Pertumbuhan Zoom memang mengesankan tapi kompetitor mereka sudah mulai mendekat. Seperti Microsoft Teams yang telah memiliki 75 juta pengguna harian dan telah mencatat 200 juta partisipan rapat dalam sehari di bulan April.

Google Meet juga mendapatkan 3 juta pengguna baru setiap harinya dan telah mencapai lebih dari 100 juta partisipan rapat harian. Kedua rival ini juga terus mengeluarkan fitur baru untuk mengejar Zoom.

(vmp/afr)