Yayasan Bill Gates Fokus Tangani Pandemi Virus Corona

Yayasan Bill Gates Fokus Tangani Pandemi Virus Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 11:32 WIB
Bill Gates
Yayasan Bill Gates Difokuskan untuk Tangani Pandemi Virus Corona (Foto: Reuters)
Jakarta -

Bill Gates memperkirakan yayasan amal yang didirikannya akan hampir sepenuhnya fokus pada penanganan pandemi virus Corona. Bill & Melinda Gates Foundation sebelumnya telah bekerja dalam penanganan berbagai penyakit, tapi perhatian tersebut akan digeser untuk virus Corona.

"Ini mendapatkan perhatian total dari yayasan," kata Gates kepada Financial Times seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (27/4/2020).

"Bahkan pekerjaan kami yang tidak terkait dengan kesehatan, seperti pendidikan tinggi dan K-12, telah diubah sepenuhnya untuk melihat bagaimana memfasilitasi belajar online," sambungnya.

Bill & Melinda Gates Foundation diketahui memiliki sokongan dana sebesar USD 40 miliar. Dana sebesar ini sebelumnya telah dikerahkan untuk penanganan penyakit seperti HIV, malaria dan polio.

Tapi juru bicara Bill & Melinda Gates Foundation mengatakan yayasannya tetap berkomitmen pada beberapa area fokus lainnya seperti mengurangi penyakit menular, menghapus kemiskinan ekstrem dan meningkatkan pendidikan di Amerika Serikat.

"Ini merupakan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, tapi kepercayaan kami bahwa semua kehidupan memiliki nilai yang sama dan komitmen kami untuk mengatasi ketidaksetaraan di semua bidang kami tetap lebih penting dari sebelumnya," kata juru bicara Gates Foundation.

Pendiri Microsoft ini mengatakan saat ini virus Corona telah mengganggu pekerjaan penting Gates Foundation di berbagai area kesehatan lainnya.

"Semakin sedikit orang bisa datang untuk imunisasi rutin atau supply chain untuk imunisasi tidak bekerja dengan baik, itu bisa menyebabkan ratusan ribu kematian. Jika kita tidak bisa mengeluarkan pengobatan malaria secara efektif, akan ada peningkatan kasus malaria dalam jumlah besar," kata Gates.

Gates Foundation hingga saat ini telah menyumbangkan USD 250 juta untuk mendukung pengembangan diagnosa, terapi dan vaksin. Selain itu dana tersebut juga digunakan untuk memperkuat sistem layanan kesehatan di Afrika dan Asia Selatan sekaligus mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat COVID-19.

Yayasan ini juga telah bekerjasama dengan WHO dan organisasi kesehatan lainnya. Baru-baru ini Gates mengkritik kebijakan Presiden Donald Trump yang menangguhkan pendanaan untuk WHO di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Dikaitkan dengan Teori Konspirasi Corona, Bill Gates: Jahat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)