Grab dan Good Doctor Perbanyak Tes COVID-19 Gratis di 9 Kota

Grab dan Good Doctor Perbanyak Tes COVID-19 Gratis di 9 Kota

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Kamis, 23 Apr 2020 14:36 WIB
Grab
Grab dan Good Doctor Perbanyak Tes COVID-19 Gratis di 9 Kota (Foto: Grab)
Jakarta -

Tingginya jumlah kasus positif COVID-19 di area luar Jakarta membuat GrabHealth dan Good Doctor kini memperluas program rapid test dan PCR gratis kepada para tenaga medis dan mitra pengemudi Grab di 8 kota lain. Di antaranya adalah Bekasi, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Langkah itu diambil sebagai upaya lanjutan dalam menjawab instruksi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kapasitas rapid dan PCR test di kota-kota lain yang juga terinfeksi, dan memberikan akses kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengatakan langkah pemerintah saat ini sangat tepat dengan menggalakkan peningkatan tes rapid dan tes PCR. Sejak awal April, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak 3x lipat dan provinsi di luar Jakarta menyumbang hampir 40% dari kasus positif.

"Hal ini mendorong kami untuk menargetkan peningkatan kapasitas hingga 5,000 tes dan memperluas program rapid dan PCR test gratis ini ke 8 kota tambahan lainnya. Program tetap berfokus pada tenaga kesehatan di garda terdepan dan juga mitra pengemudi Grab sebagai dua kelompok yang paling membutuhkan fasilitas ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan sejalan dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, Grab Indonesia mendukung arahan pemerintah untuk mempercepat rapid test secara nasional untuk selalu melindungi kesejahteraan serta kesehatan mitra pengemudi dan mitra pengantaran di semua kota.

"Kami memahami bahwa mitra Grab telah beroperasi untuk mendukung mobilitas penduduk di berbagai daerah dan itulah mengapa rapid test ini diperlukan sebagai bagian dari kesiapan Grab Indonesia untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka dan masyarakat yang mereka layani," jelas Neneng.

Adapun Staf Khusus Menteri BUMN dan Koordinator Tim Telemedicine Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Arya Sinulingga menjelaskan pemerintah saat ini fokus pada peningkatan kapasitas rapid test dan PCR test di Indonesia karena dengan semakin banyak identifikasi, tidak hanya mencegah penularan lebih lanjut tetapi membantu pengalokasian tenaga dan sumber daya secara lebih terarah.

"Oleh sebab itu, kami sangat menghargai upaya Good Doctor Technology Indonesia dan GrabHealth sebagai yang pertama untuk memperluas program rapid dan PCR test gratis ke 7 provinsi lainnya. Kami melihat ekspansi program ke wilayah di luar Jakarta sangat tepat, karena peningkatan kasus di sana juga cukup cepat. Dukungan ini tentunya dapat meringankan beban kerja pemerintah dan mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia," jelas Arya.

Sebagai informasi, Good Doctor dan GrabHealth menargetkan untuk memberikan rapid test dan PCR test COVID-19 gratis kepada 5.000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab di total 9 kota, yang tersebar di 8 provinsi, termasuk DKI Jakarta, hingga pertengahan Mei 2020.

Perluasan rapid maupun PCR test yang diberikan kepada tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi akan dimulai serentak di 8 kota pada 27 April 2020 dengan periode pendaftaran dibuka sejak 23 April 2020. Untuk registrasi melalui konsultasi dapat dilakukan setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-12.00.

Tenaga kesehatan dan mitra pengemudi yang ingin mendaftarkan diri untuk program ini dapat masuk ke aplikasi Grab dan memilih layanan 'Kesehatan' untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor dan melalui proses skrining. Konsultasi ini penting sebagai skrining menentukan tingkat risiko COVID-19.

Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini. Semua biaya untuk pengadaan peralatan dan melakukan rapid dan PCR test sepenuhnya akan ditanggung oleh Good Doctor dan GrabHealth.



Simak Video "Mulai #LangkahHijau, Donasikan Jejak Karbonmu untuk Penanaman Pohon"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)