Menkominfo: Telekomunikasi Harus Terdepan saat Wabah Virus Corona

Menkominfo: Telekomunikasi Harus Terdepan saat Wabah Virus Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 16:03 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo mengatakan bahwa telekomunikasi adalah tulang punggung saat pandemi Corona. (Foto: Kominfo)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan saat pandemi Corona, hal yang bisa menjadi garda terdepan adalah telekomunikasi dan internet. Hal ini ia sampaikan dalam Industry Roundtable oleh MarkPlus, Inc.

"Dalam COVID-19 kalau RS harusnya di belakang, karena tindakan medis mengurus orang yang sudah terkena. Telekomunikasi dan internet terdepan untuk mencegah agar orang tidak tertular, dengan begitu pekerjaan medis menjadi lebih mudah. Jangan bagian depan kurang baik," ujar Menkominfo, Selasa (21/4/2020).

Menurutnya, para operator harus bisa hadir dalam memanfaatkan teknologi guna melakukan tracking dan tracing kepada orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan juga orang tanpa gejala (OTG). Dengan begitu, masyarakat dapat terhindar dari potensi penyebaran virus. Ia pun menyebut perihal aplikasi PeduliLindungi.


Lebih lanjut, Menkominfo meyakinkan bahwa aplikasi PeduliLindungi aman dan dapat dipertanggungjawabkan dalam hal perlindungan data pribadi. Ia mengatakan, data akan segera dihapus begitu wabah COVID-19 berlalu.

"Di samping itu kita menyiapkan chatbot dan call center, ada 119, 117 dan seterusnya. Ruang digital dengan mobile operator harus kita jaga dengan baik," sambungnya.

Menkominfo juga mengatakan bahwa penetrasi internet sudah mencapai 172 juta dari 270 juta penduduk di Indonesia. Dengan begitu dapat disimpulkan dan diharapkan, telekomunikasi dan internet dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.



Simak Video "Tiru Thailand, Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Dipertegas "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)