'Ramalkan' Corona, Bill Gates Sudah Lama Timbun Makanan

'Ramalkan' Corona, Bill Gates Sudah Lama Timbun Makanan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 19 Apr 2020 05:57 WIB
Melinda Gates
Bill Gates dan Melinda. Foto: Istimewa
Jakarta -

Sudah sejak tahun 2010-an Bill Gates menyuarakan agar dunia waspada akan kedatangan pandemi virus seperti yang pernah terjadi di masa silam. Salah satu keluarga terkaya di dunia inipun sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan.

Salah satunya dengan menyimpan banyak makanan di basement rumah mereka. Itu dilakukan bukan hanya sebagai antisipasi wabah virus corona tapi juga jika ada kejadian buruk lainnya.

"Beberapa tahun silam kami membicarakan bagaimana jika tidak ada air bersih? Bagaimana jika tidak ada cukup makanan? Kemana kita mungkin akan pergi? Apa yang mungkin kita lakukan sebagai keluarga? Maka saya pikir kita harus mempersiapkan hal seperti itu sendiri," sebut istri sang pendiri Microsoft, Melinda.

"Kami telah mempersiapkan diri dan memiliki beberapa makanan di basement jika diperlukan dan sekarang kita semua berada di situasi yang sama," sambungnya dalam wawancara dengan BBC.

Di sisi lain, Melinda bersyukur atas kondisi keluarga mereka yang tentunya tidak pernah kekurangan apapun. "Apa yang banyak kami bicarakan sekarang di rumah setiap malam adalah betapa beruntungnya kami. Kami mengerti privilese kami," cetusnya.

Bill Gates yang sekarang termasuk sosok paling depan dalam membantu pengembangan vaksin COVID-19 sudah cukup lama memperingatkan virus akan menjadi ancaman serius. Misalnya pada tahun 2018 dalam event Massachusetts Medical Society.

"Dunia perlu persiapan untuk pandemi dengan cara serius yang sama seperti persiapan untuk perang," cetusnya saat itu.

"Ketika saya masih kecil, bencana yang paling kami cemaskan adalah perang nuklir. Saat perang nuklir datang, kami diharapkan ke lantai bawah tanah. Saat ini, risiko terbesar malapetaka bukanlah seperti perang nuklir. Akan tetapi infeksi virus," tambahnya.



Simak Video "Setelah Pandemi, Bill Gates Ramal Bencana di Masa Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)