Grab, OVO, dan Tokopedia Buka Donasi 'Patungan Untuk Berbagi THR'

Grab, OVO, dan Tokopedia Buka Donasi 'Patungan Untuk Berbagi THR'

Nurcholis Maarif - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 18:39 WIB
Grab
Grab, OVO, dan Tokopedia Buka Donasi THR (Foto: Grab)
Jakarta -

Grab, OVO, dan Tokopedia menggalang bantuan sembako buat pekerja informal yang terdampak COVID-19 lewat program 'Patungan Untuk Berbagi THR'. Pengguna ketiga platform tersebut dapat berdonasi secara digital dari aplikasi masing-masing.

'Patungan Untuk Berbagi THR' merupakan program donasi dan distribusi sembako minim kontak, mulai dari proses pengumpulan donasi, pembelian paket hingga pengiriman yang dilakukan dengan pembatasan kontak secara optimal.

Dengan menggandeng BenihBaik, Jaringan Gusdurian, dan PP Pemuda Muhammadiyah, bantuan akan disalurkan kepada puluhan ribu pekerja informal yang terdampak langsung oleh pandemi virus Corona di wilayah Jabodetabek. Selain menghimpun dana dari masyarakat, ketiga platform digital tersebut juga akan menggandakan donasi yang terkumpul hingga Rp 1,5 miliar.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan OVO akan terus mengedukasi pentingnya transaksi dan donasi nontunai, terutama di masa-masa yang luar biasa sulit ini, untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui uang tunai.

"Patungan Untuk Berbagi kembali lagi untuk memantik semangat kolaborasi, solidaritas dan berbagi di antara sesama anak bangsa Indonesia," ujar Karaniya, dikutip dari situs resmi Grab Indonesia, Jumat (17/4/2020).

Dengan menggunakan platform digital, tambah Karaniya, implementasi kampanye ini diharapkan memungkinkan dan memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi, berkontribusi, dan berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan.

Foto: Grab

Chief Operating Officer Tokopedia Melissa Siska Juminto mengungkapkan Tokopedia percaya bahwa penggunaan teknologi dapat mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk berpartisipasi dalam membantu orang lain, terutama mereka yang bekerja di sektor informal dan kehilangan pendapatan mereka karena pandemi COVID-19.

"Di Patungan Untuk Berbagi THR kali ini, kami mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan," ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan sejalan dengan misi GrabForGood, pihaknya terus berkomitmen untuk membawa dampak positif dari teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Terlepas dari situasi COVID-19 yang membatasi aktivitas publik, sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab Indonesia tetap beroperasi dan #SiapAntarRamadanmu, agar pelanggan Grab memiliki momen Ramadan yang membahagiakan," ujar Neneng.

"Selain itu, Grab juga kembali melaksanakan Patungan untuk Berbagi dengan Tokopedia dan OVO, siap membantu masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mengantarkan bantuan bagi pekerja sektor informal yang membutuhkan," imbuhnya.



Simak Video "Manfaatkan Data Pribadi, Oknum Karyawan Ovo Ajak Kenalan Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)