Bahaya Besar Herd Immunity Menurut Istri Bill Gates

Bahaya Besar Herd Immunity Menurut Istri Bill Gates

Adi Fida Rahman, Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 15 Apr 2020 06:11 WIB
Aksi dermawan melinda gates
Foto: Facebook/Melinda Gates
Jakarta -

Salah satu istilah yang belakangan ramai diperbincangkan di tengah pandemi corona adalah herd immunity. Melinda Gates, istri Bill Gates yang giat memperhatikan kesehatan dunia melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation ikut menyinggungnya.

Pada dasarnya, herd immunity adalah kondisi saat sejumlah orang dalam populasi punya daya imun yang sangat baik sehingga tahan penyakit. Adanya herd immunity memungkinkan penyakit tidak menyebar lebih luas dan bisa ditahan.

Tapi apakah hal itu ide yang bagus melawan corona? Melinda menyatakan pada saat ini, masih jauh untuk mencapai level herd immunity corona dan juga sangat berbahaya jika memakai metode tersebut.

"Anda tidak mendapatkan herd immunity sampai persen besar populasi punya penyakitnya. Kita tahu soal itu dari semua penyakit yang diderita manusia pada masa lalu. Jadi tidak, kita masih jauh dari herd immunity," jawabnya, dikutip detikINET dari Business Insider.

"Dan Anda tidak bisa bergantung pada itu karena akan banyak orang meninggal jika Anda membiarkan eksperimen itu berjalan dan Anda membiarkan juga penyakit itu 'mengalir' ke masyarakat. Tentu kita bisa mendapat herd immunity dan kita juga akan memperoleh begitu banyak kematian," cetus Melinda.

Untuk saat ini, setidaknya sampai mendapatkan vaksin corona, Melinda menyarankan agar orang-orang mematuhi pencegahan yang terbukti efektif. Herd immunity tidak sebaiknya diharapkan untuk mengatasi pandemi COVID-19.

"Itulah mengapa penting mengingatkan orang bahwa yang kita punya saat ini adalah physical distancing, mencuci tangan dan memakai masker di publik. Kita harus menjalankan apa yang kita ketahui berhasil," pungkasnya.



Simak Video "Herd Immunity akan Sulit Dicapai Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)