Tips Bangun Personal Branding Untuk Content Creator

Tips Bangun Personal Branding Untuk Content Creator

ADVERTISEMENT

Tips Bangun Personal Branding Untuk Content Creator

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 14 Apr 2020 18:03 WIB
dYouthizen Virtual Class Hari Pertama Sesi 2
Kiat Bikin Personal Branding Untuk Content Creator (Foto: detikcom)
Jakarta -

Makin banyak generasi milenial Z bikin konten di berbagai platform. Nah, kalau mau sukses jangan lupa untuk membangun personal branding.

Kuliah kedua d'Youthizen Virtual Class digelar detikcom, Selasa (14/4/2020). Dalam event online yang didukung by.U ini tampil dosen tamu kedua adalah podcaster Reza Chandika yang tampil setelah penampilan penyanyi Hanin Dhiya.

Reza membahas New Era of Digital Broadcasting dimana dia menjelaskan maraknya fenomena podcast, salah satunya #BagiRapot yang diusungnya. Dosen pembimbing Shahnaz Soehartono menanyakan bagaimana membangun personal branding untuk mereka yang membuat konten digital.

"Saya percaya dengan proses, tidak ada yang instan. Ada proses jatuh bangun nanti karakternya ketahuan mau seperti apa," kata dia soal personal branding.

Tentu setiap content creator punya idola, atau sosok yang dia jadikan standar sebuah konten yang berkualitas. Namun pada akhirnya setiap orang mesti menentukan sendiri gaya apa yang cocok untuk dirinya.


"Serap ilmunya tapi tetap jadi diri sendiri. Be the best person of you," kata Reza.

Reza memberi saran untuk generasi Milenial Z yang mau jadi pembuat konten agar bisa menyeimbangkan antara menjadi realistis dan idealis. Ide konten dan potensi kolaborasi terbuka ketika kita mau fleksibel.

"Inspirasi untuk konten bisa datang dari mana saja. Kalau punya ide catat saja dulu di handphone, takut keburu lupa nanti menyesal," kata dia.

Saat membangun personal branding untuk konten digital, Reza menyarankan untuk menikmati proses kreatifnya. Keluarga dan teman dekat bisa menjadi tempat mencari feedback terbaik, karakter apa yang cocok melekat dengan seorang content creator.


"Kalau mau bikin karya pasti ada kejeduknya dulu kok. Mesti dinikmati prosesnya. Jangan berhenti belajar, karena yang di atas saja masih pada belajar. Jadi jangan cepat puas," ujarnya.

Reza pun memberikan kiatnya yang terakhir. Jangan bikin konten kreatif digital semata-mata untuk mencari keuntungan materi.

"Jangan bikin konten karena cuan. Cuan itu bonus saja yang mengikuti," pungkasnya.

d'Youthizen Virtual Class akan dilanjutkan Rabu (14/4) besok pukul 13.00 WIB. Untuk kamu yang sudah daftar, jangan ketinggalan ya!



Simak Video "Edisi #18: RI Terancam Kena Sanksi FIFA, Hingga Kisah Haru Tahanan di Jambi!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT