Donasi Bill Gates dan Konflik Kepentingan Saat Pandemi Corona - Halaman 2

Donasi Bill Gates dan Konflik Kepentingan Saat Pandemi Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 13 Apr 2020 17:34 WIB
Bill Gates
Bill Gates dikritik saat pandemi virus Corona. (Foto: Reuters)

Kemudian kabar The Gates Foundation, Wellcome dan Mastercard berkomitmen menyumbangkan USD 125 juta pendanaan untuk perusahaan yang mengembangkan perawatan untuk virus Corona muncul. Dana tersebut akan digunakan untuk COVID-19 Therapeutics Accelerator yang mana berfungsi membantu mempercepat perawatan virus corona bagi yang terinfeksi. The Gates Foundation, melaporkan yayasannya menyumbang USD 50 juta.

The Gates Foundation juga memposting "The Therapeutics Accelerator COVID-19 akan bekerja dengan Organisasi Kesehatan Dunia, penyandang dana dan organisasi sektor swasta, serta lembaga pengaturan dan kebijakan global."

Sebagai catatan, WHO dan lembaga-lembaga pembuat kebijakan dan pengaturan global itu adalah mereka yang didanai sendiri oleh Gates.

Itu lah kira-kira kritikan soal adanya kepentingan pribadi Bill Gates saat kondisi sekarang ini. Akan tetapi sebagai tambahan nih detikers, Gates memang sudah lama peduli mengenai isu kesehatan dan dunia vaksin, jadi sepertinya wajar kalau ia banyak mengomentari soal pandemi ini.

Ia pun menjadi salah satu orang yang gencar mencari vaksin saat penyebaran COVID-19 berlangsung di berbagai belahan bumi. Tak sedikit juga uang yang ia gelontorkan untuk mengatasi virus Corona. Sekali lagi ini hanya opini, kalau menurut kamu bagaimana detikers?

(ask/fay)