Donasi Bill Gates dan Konflik Kepentingan Saat Pandemi Corona

Donasi Bill Gates dan Konflik Kepentingan Saat Pandemi Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 13 Apr 2020 17:34 WIB
Bill Gates
Bill Gates dikritik saat pandemi virus Corona. (Foto: Reuters)
Jakarta -

Co-Founder Microsoft Bill Gates terkenal dengan kegiatan filantropinya bersama sang istri Melinda Gates. Ia pun melakukan banyak donasi untuk mengatasi pandemi Corona. Akan tetapi, di tengah wabah corona, muncul pertanyaan apakah ada konflik kepentingan di sana?

Konflik kepentingan yang dimaksud dimulai dari kecurigaan bahwa Gates mendulang jutaan dollar di tengah wabah Corona sampai ke urusan dirinya yang melakukan banyak intervensi pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Cheryl K Chumley, menuliskan opininya di The Washington Times.

Kita kupas satu-satu. The Bill & Melinda Gates Foundation Trust mengungkapkan bahwa mereka melakukan investasi besar di The Mexico Fund. Saat itu saham sedang lemah akibat virus corona. Saham The Mexico Fund's New York Stock Exchange pun jatuh 42% dalam minggu-minggu terakhir, melansir Barron.

Sementara itu, Gates kemudian memutuskan membeli 5% dari saham, menjadikannya sebagai investor terbesar keempat. Untung banyak, ya tapi begitulah cara kerja kapitalis: beli murah, jual mahal dan mendatangkan profit. Ada salahnya kah?

Selanjutnya membahas mengenai pengaruh besar Bill Gates pada WHO. Menilik ke belakang, saat itu WHO belum mendeklarasikan virus Corona sebagai sebuah pandemi. Bill Gates lalu mengatakan bahaya COVID-19 dan menyebutnya sebagai 'pandemi' pada 10 Maret 2020 sebagaimana ditulis oleh Business Insider.

Menariknya, sehari setelah Bill Gates menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, WHO mengungkapkan hal serupa. Tepatnya 11 Maret, pada konferensi pers tentang coronavirus, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa "WHO telah membuat penilaian bahwa COVID-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi."

Nah pada 2017 silam, diketahui Gates adalah donatur terbesar kedua untuk WHO yang mana artinya Gates punya pengaruh besar untuk badan PBB tersebut. Kebetulan? Bisa jadi.