Begini Cara Pakai Pengenalan Wajah di Smartphone Kala Pakai Masker

Begini Cara Pakai Pengenalan Wajah di Smartphone Kala Pakai Masker

Josina - detikInet
Senin, 13 Apr 2020 12:33 WIB
smartphone
Begini Cara Pakai Pengenalan Wajah di Smartphone Kala Pakai Masker. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Dunia sedang dilanda virus Corona masyarakat pun diwajibkan menggunakan masker saat berada di luar rumah untuk terhindar dari penyebaran virus.

Pada minggu lalu lembaga CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Masyarakat Amerika Serikat) mengeluarkan rekomendasi baru yang menyarankan orang-orang untuk menggunakan masker kain di tempat umum baik yang sedang sakit ataupun tidak.

Namun bagaimana jadinya ketika saat ini sudah banyak smartphone diberikan kemampuan membuka layar ponsel yang terkunci dengan wajah. Salah satunya fitur yang dimiliki Apple yakni Face ID.


Dilansir detiKINET dari BGR hal ini terbilang rumit karena keamanan dari fitur Face ID begitu kuat, sehingga perangkat lunak ini dirancang untuk menghalangi masker dan semua jenis penutup wajah digunakan menipu fitur ini.

Bahkan saat dicoba untuk mendaftarkan penampilan baru dengan Face ID saat menggunakan masker malah muncul pesan 'Wajah Terhalang. Lalu bagaimana solusinya?

Dilaporkan dari The Wall Street Journal para peneliti keamanan baru-baru ini telah menemukan cara agar Face ID dapat mengenali wajah yang sebagian memakai masker. Apple mencatat, Face ID dirancang untuk bekerja dengan mata, hidung dan mulut pengguna untuk terlihat.

Jadi dengan bagian wajah tersebut dapat terlihat cukup untuk membuka Face ID.


Jadi para peneliti ini melipat masker menjadi dua bagian dan menutupi setengah mulut dan hidungnya selama proses. Setelah itu diletakkan masker di wajahnya dan dapat membuka ponsel yang terkunci.

Sebagai catatan trik yang ditemukan para peneliti ini mungkin dapat bekerja, tapi tidak selalu efektif dan bukan ide terbaik. Karena jika ingin membuka kunci ponsel maka pengguna harus meletakkan tangan di wajah dan melepas bagian masker.

Seperti diketahui untuk menyentuh wajah tidak disarankan di saat pandemi virus Corona sebelum tangan benar-benar dicuci bersih menggunakan sabun.

Perlu diingat trik yang ditemukan para peneliti mungkin bekerja. Tapi, trik itu tidak selalu efektif dan bukan ide yang terbaik. Pasalnya jika ingin membuka kunci, Anda harus meletakkan tangan di wajah dan melepas sebagian masker.

Banyak yang mengatakan ini adalah solusi yang tidak sempurna, tetapi jika Anda ingin mencoba dapat mengatur tampilan alternatif di Face ID dengan melakukannya dengan masuk ke Pengaturan> ID Wajah & Kode Sandi> Siapkan Penampilan Bergantian.



Simak Video "Fitur Baru 'Private Relay' Milik Apple Tak Akan Tersedia di China"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)