Tip Buat Driver Gojek Naik 240% Selama Pandemi Corona

Tip Buat Driver Gojek Naik 240% Selama Pandemi Corona

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Jumat, 10 Apr 2020 16:35 WIB
Gojek meresmikan logo barunya yang melambangkan kekuatan ekosistem Gojek sekaligus apresiasi kepada seluruh pengguna dan mitra Gojek. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Founder dan CEO Gojek Nadiem Makarim.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Beban ekonomi akibat COVID-19 telah dirasakan oleh berbagai golongan dari bermacam sektor, salah satunya mitra driver ojol. Pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja secara otomatis memotong potensi penghasilan mereka, terutama di layanan antar-jemput orang.

Menyikapi hal tersebut, SVP Transport Marketing Gojek Monita Moerdani mengatakan selain 12 program kesejahteraan Gojek untuk mitra driver, pihaknya memberikan opsi tip ke mitra driver hingga Rp 100 ribu melalui kampanye #KasihLebihan.

"Kami menyadari mitra driver Gojek semakin menjadi andalan di saat masyarakat beraktivitas di rumah saja. Maka dari itu, Gojek memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna layanan untuk bisa #kasihlebihan," ujar Monita dalam keterangan tertulis, Jumat (10/4/2020).

Kampanye #KasihLebihan yang telah diluncurkan sejak 20 Maret 2020 ini, diakui Monita telah mendapat respons luar biasa dari para pelanggan Gojek.

Cara pelanggan memberi tip hingga Rp 100.000 untuk mitra driverCara pelanggan memberi tip hingga Rp 100.000 untuk mitra driver

"Kami senang sekaligus terharu dalam waktu kurang dari satu bulan, terjadi peningkatan pemberian tip hingga 240%. Bisa dibilang, kampanye ini telah menjawab keresahan para pelanggan Gojek yang ingin turut membantu para mitra drivernya yang selama ini telah menjadi #PenjagaAmanah mereka sehari-hari," terangnya.

Monita juga menekankan tip yang diberikan oleh pelanggan 100% akan masuk ke driver's wallet atau dompet driver, yang kemudian dapat dicairkan baik ke rekening pribadi maupun ke account GoPay.

Para mitra driver Gojek pun kian merasakan dampak positifnya. Di media sosial, satu demi satu mitra driver mengungkapkan rasa syukur mereka. Salah satu mitra dengan akun Twitter @ryan_nus bahkan mengabadikan rasa syukur tersebut melalui video TikTok yang telah ditonton ratusan ribu kali oleh warganet.

(Kiri) Cuplikan video TikTok mitra driver Gojek yang menceritakan pengalamannya mendapat tip besar; (Kanan) Cuitan rekan mitra driver Gojek yang juga mendapat tip terbesar dari kampanye #KasihLebihan(Kiri) Cuplikan video TikTok mitra driver Gojek yang menceritakan pengalamannya mendapat tip besar. (Kanan) Cuitan rekan mitra driver Gojek yang juga mendapat tip terbesar dari kampanye #KasihLebihan

Kampanye yang berdampak positif bagi pemasukan mitra driver ini pun ditanggapi dengan baik oleh salah satu public figure Tanah Air, Hannah Al Rashid.

"Saya senang dapat ikut membantu para driver di masa sulit ini dengan cara sederhana memberikan lebihan tip. Itu wujud rasa terima kasih saya kepada abang dan mpok driver, the unsung heroes, yang sudah membantu saya dan jutaan masyarakat lainnya untuk dapat tetap menjalani aktivitas normal walau dengan #dirumahaja," tulisnya.

Monita menambahkan bahwa selain kampanye ini, Gojek juga terus memperkuat upaya-upaya bantuan bagi para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas. Beberapa di antaranya adalah dengan memfasilitasi mitra driver dengan masker, hand sanitizer, vitamin, serta penyemprotan desinfektan untuk kendaraan mitra.

Gojek bersama para karyawannya juga mengumpulkan Dana Bantuan Mitra senilai Rp 100 miliar untuk disalurkan untuk jutaan mitra driver pengguna platform Gojek melalui 12 program kesejahteraan Gojek untuk mitra driver, yang meliputi fokus-fokus utama seperti penyediaan layanan kesehatan, keringanan beban biaya harian, hingga bantuan pendapatan.

Gojek juga akan terus melakukan berbagai terobosan agar dapat senantiasa memberikan rasa aman dan ketenangan, baik bagi pelanggan dan mitra driver Gojek.

"Kami mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mengapresiasi para mitra driver selama masa sulit ini. Lewat dukungan berbagai pihak, kami percaya Pasti ada jalan untuk kita melewati masa penuh tantangan ini dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Gojek Kembangkan Teknologi Verifikasi Wajah untuk Keamanan Driver"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)