Inisiatif Grab Layani Masyarakat Agar Tetap Aman di Masa PSBB

Inisiatif Grab Layani Masyarakat Agar Tetap Aman di Masa PSBB

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 10 Apr 2020 15:22 WIB
GRAB
Foto: GRAB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta telah mendeklarasikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 33 tahun 2020 yang berlaku untuk seluruh wilayah di DKI Jakarta mulai hari ini. Namun, untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan komunitas, Grab tetap melayani berbagai layanan pengiriman makanan, barang, GrabMart dan transportasi untuk masyarakat Jakarta dengan cara aman.

"Kami ingin menyampaikan bahwa berbagai layanan Grab akan tetap beroperasi untuk melayani penduduk DKI Jakarta dan Indonesia dengan tetap menyediakan layanan harian terpenting dengan cara yang paling aman. Kami akan terus berupaya yang terbaik untuk melindungi kesejahteraan para mitra serta melindungi kesehatan dan keselamatan mereka," ujar Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi dalam keterangan tertulis, Jumat (10/4/2020).

Adapun Grab akan mengimplementasikan berbagai bentuk inisiatif keselamatan bagi para pelanggan dan juga para mitranya. Bagi para penumpang transportasi, Grab sangat menganjurkan untuk melakukan transaksi non-tunai untuk meminimalkan kontak fisik. Grab juga sangat menganjurkan penumpang untuk untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah.

Grab pun untuk sementara menonaktifkan layanan transportasi di Jakarta untuk mendukung PSBB yang sedang dilakukan. Namun, Grab dari awal sudah berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk dapat mengizinkan menggunakan layanan GrabBike, khusus untuk mengantarkan ke dan dari rumah sakit dan juga ke dan dari pasar, supermarket atau minimarket untuk membeli bahan kebutuhan sehari-hari sesuai dengan prosedur keamanan yang telah diterapkan selama ini.

Sebaliknya, layanan GrabBike masih dapat melayani penumpang di kota-kota sekitar DKI Jakarta seperti Depok, Tangerang dan Bekasi serta kota-kota lainnya di Indonesia. Selain itu, layanan GrabCar juga tetap beroperasi dan Grab telah menyiagakan 1.000 armada khusus berupa mobil GrabCar yang dilengkapi dengan partisi plastik antara kursi pengemudi dan penumpang.

"Kami juga menyediakan 1.000 GrabBike di seluruh Indonesia bagi tenaga medis agar mereka bisa tetap bisa menjalankan tugas mulianya tanpa perlu mengkhawatirkan adanya ketersediaan sarana mobilitas sehari-hari," ungkap Neneng.

Untuk layanan GrabFood, GrabMart dan GrabFresh dan GrabExpress, Grab telah meluncurkan pengantaran tanpa kontak untuk keselamatan pelanggan dan mitra pengiriman. Selain itu, Grab juga akan selalu melakukan pengecekan suhu tubuh bagi mitra pengemudi dan juga pengantaran.

Grab juga menyediakan masker dan juga hand sanitizer bagi para mitra pengemudinya baik itu driver GrabBike maupun GrabCar. Grab juga menyediakan stasiun disinfeksi dan pembersihan mobil di berbagai kota di Indonesia.

"Kami telah meminta semua mitra pengiriman untuk mengenakan masker, menggunakan pembersih tangan yang disediakan oleh merchant , dan mematuhi langkah-langkah kesehatan dan keselamatan di tempat merchant," tegas Neneng.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, Grab juga memperluas layanan GrabMart dan juga membuat layanan GrabExpress Nalangin di berbagai kota. Grab juga memberikan layanan kepada setiap mitranya yaitu GrabCare yang menyediakan bantuan finansial dan medis bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran yang paling terdampak COVID-19. Mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar juga akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta (untuk GrabBike) dan Rp3 Juta (untuk GrabCar) apabila dinyatakan positif COVID-19 dan dimandatkan untuk menjalani karantina.

Adapun untuk mendukung program relaksasi keuangan pemerintah, Grab bekerja sama dengan sebuah perusahaan angkutan sewa khusus, TPI telah menjalankan program bagi mitra pengemudi GrabCar melalui penundaan biaya rental mobil hingga dua (2) bulan ke depan serta pemberian dana tunai.

"Kami juga sedang membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang difasilitasi oleh OJK mendata debitur leasing yang merupakan mitra-pengemudi GrabBike dan GrabCar serta mereka yang terkena dampak dari pandemi," imbuh Neneng.

Grab juga telah berkolaborasi dengan mitra merchant dan restoran untuk meningkatkan prosedur kebersihan yang menyeluruh mulai dari proses penyiapan dan pengemasan makanan yang benar hingga proses pengiriman yang aman.

Lebih lanjut, Grab juga telah mengimplementasikan 'Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood' bagi mitra merchant yang memuat informasi tanggal, waktu, nama, dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan semua pesanan GrabFood, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas kondisi dari pengantar pesanannya.

"Kami telah menyediakan lebih dari 2.000 termometer tembak digital untuk mitra merchant terpilih," tambah Neneng.

Grab juga akan membantu mitra restoran lewat program dukungan merchant yaitu dengan menghasilkan pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas dalam aplikasi dan juga Mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk bahan makanan.

"Dalam masa sulit ini , kami tetap berkomitmen untuk melayani dan mendukung komunitas Mitra Pengemudi, Pengantaran, Merchant dan pelanggan kami sebaik mungkin. Dengan dukungan satu sama lain, kami yakin kita dapat menghadapi hal ini bersama," pungkas Neneng.



Simak Video "Yuk Pesan Menu Eksklusif Lewat GrabFood Signature"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)