Jack Ma Perbaiki Wajah China di Tengah Pandemi Corona

Jack Ma Perbaiki Wajah China di Tengah Pandemi Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 23:05 WIB
Jack Ma
Jack Ma Perbaiki Wajah China di Tengah Pandemi Corona (Foto: Reuters)
New York -

Reputasi China agak terganggu lantaran virus corona yang berasal dari negara itu menimbulkan kekacauan hampir di seluruh dunia. Jack Ma tampil menjadi 'juru selamat' dengan beragam donasi yang ia gelontorkan.

Pendiri Alibaba itu dipandang cukup membantu memulihkan citra China di mancanegara. Melalui yayasannya, Ma telah menyumbang sedikitnya 18 juta masker, alat tes dan suplai lainnya ke lebih dari 100 negara termasuk Indonesia.

Amerika Serikat yang sedang banyak bersitegang dengan China pun agak luluh. Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo terang-terangan berterima kasih menerima bantuan 1.000 ventilator ke wilayahnya.

"Pemerintah China membantu memfasilitasi donasi 1.000 ventilator yang akan tiba hari ini. Saya berterima kasih pada mereka, Jack Ma, Joseph Tsai, Jack Ma Foundation, Tsai Foundation," tulisnya di Twitter.

Joseph Tsai sendiri adalah petinggi Alibaba dan rekan Jack Ma. Di negara barat, praktik donasi merupakan sesuatu yang umum dilakukan orang kaya, misalnya Bill Gates. Akan tetapi di China lain ceritanya.

Pemerintah China mengalami hubungan pasang surut dengan triliuner seperti Jack Ma. Mereka dipandang dibutuhkan untuk mendukung ekonomi, tapi juga ancaman jika terlalu berkuasa.

"Dalam jangka waktu lama, China bergantung pada propaganda resmi dan investasi masing di mancanegara sebagai instrumen besar untuk mempromosikan soft power. Filantrofi dari miliarder adalah pendekatan baru," cetus Zhiqun Zhu dari Bucknell University.

Jack Ma sendiri selepas pensiun dari Alibaba pada September tahun silam memang mencurahkan diri di kegiatan amal, utamanya pendidikan. Namun mewabahnya virus Corona membuatnya juga tergerak memberikan bantuan.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)