YouTube Dukung Perayaan Paskah dan Ibadah Online

YouTube Dukung Perayaan Paskah dan Ibadah Online

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 20:10 WIB
Pelaksanaan Misa Paskah di Gereja Katedral, Jakarta.
YouTube Dukung Perayaan Paskah dan Ibadah Online. (Foto: Denita Matondang/detikcom)
Jakarta -

Di tahun ini, perayaan keagamaan terasa berbeda karena organisasi keagamaan di seluruh dunia mencari cara untuk merayakannya dengan aman untuk mengurangi laju penyebaran COVID-19. Demikian juga halnya yang akan terjadi di akhir pekan ini, ketika jutaan umat Kristen di seluruh dunia akan merayakan Paskah.

"Dalam masa sulit ini, penting bagi kita untuk terus terhubung satu sama lain dan merasakan bagian dari komunitas yang lebih luas, meskipun berada di rumah. Tahun ini, akses digital menjadi sangat penting dan menjadi rekomendasi bagi gereja, sinagog, masjid, keluarga dan individu untuk menemukan cara baru untuk berkumpul bersama secara online," kata YouTube melalui keterangan tertulisnya.

Pergeseran ini telah dimulai sejak awal Maret, salah satu indikatornya terlihat dari total subscriber dari semua kanal Berita Vatikan telah meningkat lebih dari dua kali lipat.

Untuk membantu organisasi agama di mana saja yang baru memulai layanan online, YouTube telah mengumpulkan informasi bermanfaat untuk memulai live streaming. Caranya, kunjungi Playlist dan Pusat Bantuan di YouTube, atau lihat petunjuk untuk menjadi host acara livestreaming keagamaan baik dari perangkat seluler atau desktop.

Bagi umat Kristiani yang merayakan Paskah minggu ini, Vatikan akan menyiarkan langsung semua layanan tri hari suci dari Basilika Santo Petrus, termasuk misa Minggu Paskah pukul 11:00 CET.

Di Indonesia, banyak gereja mengadakan siaran langsung untuk umat mereka, salah satunya, Keuskupan Agung Jakarta yang menyediakan cara untuk tetap terhubung, melaksanakan ibadah dan merayakan Paskah secara online. Live streaming pekan suci akan ditayangkan dari tanggal 9 - 12 April di kanal Komsos Katedral dan Hidup TV.

Ada juga acara khusus Saturday Night Seder yang akan tayang perdana di YouTube melalui Tasty dan SaturdayNightSeder pada Sabtu, 11 April pukul 8 malam ET. Variety show bertema Paskah ini akan menggalang dana untuk CDC Foundation, dan menampilkan sketsa komedi, momen dan musik yang menyentuh, dengan sederet nama termasuk Jason Alexander, Ben Platt, Idina Menzel, Dan Levy, Henry Winkler, Tan France dan banyak lainnya.

Selain itu, penyanyi opera terkenal Andrea Bocelli juga akan tampil langsung di 19.00 malam waktu Italia pada hari Minggu, 12 April 2020 dari gereja bersejarah di Milan, Katedral Duomo, tersedia secara eksklusif di YouTube.

Konser yang berjudul, 'Music For Hope' ini akan mewakili pesan cinta, penyembuhan dan harapan untuk Italia dan dunia. Gereja Katedral Duomo yang saat ini ditutup, akan dibuka khusus untuk Andrea Bocelli yang hanya akan ditemani oleh organ tunggal katedral, Emanuele Vianelli, yang memainkan salah satu organ pipa terbesar di dunia. Trailer 'Music For Hope' dapat dilihat di sini.



Simak Video "Ibadah Online di Rumah Dibubarkan Tetangga, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)