Netizen Banyak Cari Cegah Virus Corona ke Mbah Google

Netizen Banyak Cari Cegah Virus Corona ke Mbah Google

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 14:34 WIB
Google I/O 2017
Netizen Banyak Cari Cegah Virus Corona ke Mbah Google (Foto: detikINET/Rachmatunnisa)
Jakarta -

Google mengungkapkan daftar tren penelusuran seputar COVID-19 yang dicari pengguna internet selama bulan Maret 2020 di Indonesia. Apa saja daftarnya?

Seiring perkembangan pandemi Corona, orang-orang banyak mencari informasi di Google, mulai dari 'cara penyebaran virus Corona' hingga 'cara mencegah Corona'.

Raksasa mesin internet itu pun kemudian membuat daftar tren penelusuran tersebut selama sebulan terakhir untuk Maret. Untuk menyusun daftar ini, dimanfaatkan Google Trends sebuah alat guna melihat apa yang banyak diketik pengguna internet.

"Bulan ini, banyak orang Indonesia yang masih mempelajari tentang virus COVID-19. Penelusuran seputar gejalanya, bagaimana penyebarannya, pencegahan hingga kabar terkini seputar situasi penyebarannya di Indonesia, meningkat secara signifikan," tulis Google dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Google memaparkan puncak minat penelusuran untuk bulan Maret terjadi pada tanggal 16. Tren teratas yang banyak ditanyakan, yaitu 'bagaimana cara mencegah virus Corona' melonjak hingga +3.840% di bulan Maret.

Disebutkan juga, minat penelusuran untuk 'bagaimana penyebaran virus Corona' naik + 3.010% pada bulan Maret. Begitu pula terkait 'gejala awal Coronavirus' naik +8.600% dan 'Update virus Corona di Indonesia' melonjak + 4.700%.