Shopee Kembali Buka Layanan Zakat dan Donasi Selama Ramadhan

Shopee Kembali Buka Layanan Zakat dan Donasi Selama Ramadhan

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 19:42 WIB
Shopee
Shopee Kembali Buka Layanan Zakat dan Donasi Selama Ramadhan 2020 (Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom)
Jakarta -

Perusahaan e-Commerce Shopee kembali menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membuka layanan zakat dan donasi secara digital selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah nanti.

Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja mengatakan hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam beramal tanpa keluar rumah sehingga masyarakat bisa tetap berzakat dan menerapkan physical distancing tanpa khawatir virus Corona.

"Baznas selalu jadi official partner kami untuk zakat dan donasi khususnya di Bulan Ramadhan ini untuk memudahkan masyarakat," ujar Handika dalam telekonferensi di YouTube, Rabu (8/4/2020).

"Tidak hanya itu di kesempatan tahun ini juga kami bekerja sama dengan badan donasi lainnya untuk membantu pencegahan penyebaran COVID-19. Di mana dari donasi yang terkumpul akan disalurkan ke pejuang garda terdepan atau orang kurang mampu," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta menuturkan pihaknya sudah membuat kajian terkait hukumnya berzakat dan berdonasi melalui saluran digital ini.

"Kami sudah buat pengkajian bahwa saluran zakat ini telah sesuai dengan hukum syariah, sama dengan berzakat konter dan kami selalu mendoakan dan memberikan notasi terima kasih dan doa kepada penyumbang yang berzakat melalui Shopee ini," jelasnya.

Tahun lalu, Shopee mencatat total zakat dan donasi yang dikumpulkan mencapai Rp 351,2 juta selama April hingga 29 Mei 2019. Dana tersebut disalurkan melalui Baznas dan Parongpong.

"Shopee adalah 5 besar dari seluruh zakat digital di Baznas yang tiap tahun naik cukup pesat. Kami mencatat 20% penyaluran zakat kami berasal dari saluran digital Shopee. Kami berharap tahun ini bisa meningkat pesat yang memberikan kesempatan kemudahan bagi masyarakat dalam berzakat," pungkasnya.



Simak Video "Trafik Saat Ramadhan Naik, Shopee Manfaatkan untuk Galang Donasi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)