Pemerintah Taiwan Larang Penggunaan Zoom

Pemerintah Taiwan Larang Penggunaan Zoom

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 12:35 WIB
Zoom Cloud Meeting
Pemerintah Taiwan Larang Penggunaan Zoom (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Pemerintah Taiwan secara resmi melarang penggunaan aplikasi konferensi video Zoom. Larangan ini diumumkan hanya beberapa hari setelah Zoom melaporkan beberapa data pengguna dialihkan lewat China.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (8/4/2020) badan eksekutif Taiwan melarang semua organisasi pemerintah untuk menggunakan Zoom. Jika mereka ingin melakukan video konferensi atau rapat online bisa dilakukan menggunakan produk tanpa masalah keamanan seperti Zoom.

"Saat ini, semua layanan internasional menyediakan software gratis selama epidemi, seperti Google atau Microsoft. Setelah penilaian risiko keamanan, layanan ini bisa dipertimbangkan untuk digunakan," tulis pengumuman tersebut.

Kementerian Pendidikan Taiwan juga melarang sekolah-sekolah menggunakan Zoom untuk keperluan belajar online.

Pemerintah Taiwan tidak menjelaskan secara spesifik alasan keamanan apa yang akhirnya mendorong mereka untuk mencekal Zoom. Tapi hal ini diumumkan hanya beberapa hari setelah Zoom mengaku tidak sengaja mengalihkan data pengguna lewat China, yang tidak mengakui kemerdekaan Taiwan.

Selain itu, sejak popularitasnya meningkat Zoom selalu dibayang-bayangi masalah keamanan dan privasi. Sebut saja 'Zoom bombing' yang memungkinkan orang tidak dikenal menyusup ke dalam rapat online dan laporan bahwa komunikasi di dalam aplikasi ini tidak dilindungi enkripsi end-to-end.

Juru bicara Zoom mengatakan sejumlah perusahaan dan badan pemerintah telah melakukan ulasan keamanan secara ekstensif sebelum menggunakan platform-nya.

"Zoom selalu berkomunikasi dengan pemerintah di seluruh dunia dan fokus dalam menyediakan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan tentang kebijakannya," kata juru bicara Zoom.

Pemerintah Taiwan bukan yang pertama melarang penggunaan Zoom, tapi efeknya memang jauh lebih luas. Sebelumnya Elon Musk telah melarang pegawai SpaceX menggunakan Zoom, diikuti dengan sekolah-sekolah di New York, AS yang membatasi penggunaan Zoom.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)