Kenapa Pemerintah Tidak Bikin Aplikasi Pesaing Zoom?

Kenapa Pemerintah Tidak Bikin Aplikasi Pesaing Zoom?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 07 Apr 2020 17:46 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Kenapa Pemerintah Tidak Bikin Aplikasi Pesaing Zoom? (Foto: Screenshoot)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin mengkritisi pemerintah yang tidak merilis layanan video konferensi serupa Zoom. Zoom sendiri jadi sorotan karena tersandung isu keamanan data dan privasi pengguna.

Di tengah pandemi virus Corona, banyak para pengguna internet memanfaatkan Zoom untuk melakukan meeting online, baik urusan pekerjaan atau menyapa kerabat dan teman.

"Kan dikatakan Zoom ini tidak aman, bisa kemana-mana, bisa merembes, didengar, direkam dan sebagainya. Apakah Menkominfo tidak membuat sendiri aplikasi yang seperti (Zoom-red) ini secara temporary sesuai kebutuhannya," tanya Nurul dalam Rapat Kerja Virtual Menkominfo dengan Komisi I, Selasa (7/4/2020).

Nurul mengatakan saat ini Menkominfo Johnny G Plate memiliki program besar, seperti aplikasi PeduliLindungi.

"Cuma buat kita-kita ini sekarang harus punya seperti Zoom yang bisa bapak (Menkominfo) bisa manage sendiri," ungkap politisi Partai Golkar ini.

Mendapat pertanyaan tersebut, Menkominfo lantas menjawab bahwa pemerintah saat ini telah menyiapkan aplikasi yang mirip dengan Zoom.

"Aplikasi khusus, saat ini kami sedang mempelajari dua. Kami mengetahui bahwa operator operator seluler Telkomsel juga menyiapkan model yang sama untuk virtual meeting yang saat ini mereka dikembangkan sebagai alternatif untuk penggunaan di Indonesia," ujar Johnny.

"Di samping ini juga kami juga mempelajari bagaimana membangun aplikasi sendiri di lingkungan Kominfo, untuk digunakan dan dikendalikan melalui sentral kontrol Kominfo atau pemerintah," pungkas.



Simak Video "Messenger Rooms Facebook Ancam Eksistensi Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)