Kolektor Meme, Ilmuwan Minta Meme Corona yang Kalian Punya untuk Studi!

Kolektor Meme, Ilmuwan Minta Meme Corona yang Kalian Punya untuk Studi!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 20:32 WIB
meme makanan
Ilustrasi cuitan saat wabah corona. (Foto: twitter)
Jakarta -

Menjaga kesehatan agar tetap fit dengan mencuci tangan, makan higienis, dan mengurangi aktivitas luar rumah adalah sejumlah cara membantu mereka yang berada di garda terdepan melawan virus corona. Nah ada satu lagi nih yang bisa kamu lakukan untuk membantu para ilmuwan mengerjakan studi soal COVID-19 yaitu dengan cara... berbagi meme corona.

Serius, detikINET nggak sedang bergurau loh, detikers. Peneliti di University of Amsterdam dan KU Leuven sudah mulai mengumpulkan meme, bercandaan, cuitan lucu, dan konten humoris lainnya terkait corona dan meminta bantuan kalian.

Melansir The Next Web, meme corona bertebaran setiap harinya. Karena itu, ilmuwan membuka portal bagi publik untuk berbagi meme mereka -- saat ini baru tersedia untuk Bahasa Inggris, Belanda, Mandarin, Korea, Polandia, dan Rusia. Prosesnya hanya memakan waktu sebentar kok untuk submit meme.

Terus kenapa harus meme sih? Apa nggak kelewatan malah nyari meme soal corona saat pandemi COVID-19?

Sebelum marah-marah, Mark Boukes yang menjadi peneliti di balik ide ini mengatakan ia punya tujuan yakni memahami proses komunikasi manusia terhadap informasi virus corona.

"Terutama sekarang, kita bisa menyaksikan bagaimana orang cenderung berkomunikasi tentang masalah publik. Secara khusus, peran humor di masa-masa penuh tekanan seperti ini sangat menarik: Bagaimana orang bisa membuat masalah begitu berat, namun masih cukup ringan untuk mengatasinya. Kami juga berharap dapat membuat sesuatu yang menarik dan relevan dari periode yang menyusahkan ini," kata Boukes.

Boukes dan rekan-rekannya juga tertarik untuk melihat apakah lelucon virus corona dan meme sebagian besar dapat meringankan suasana hati atau bahkan digunakan untuk sindiran politik. Kemudian, mereka ingin menjawab pertanyaan apakah orang dari budaya yang berbeda menggunakan gaya humor yang berbeda dan apakah mereka memiliki target berbeda dalam meme mereka.

Klik di SINI untuk mengunggah meme kalian dan berpartisipasi dalam studi ini.



Simak Video "Kaki Jenjang Lisa BLACKPINK Viral Dijadikan Meme oleh Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)