Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler Kedua

Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler Kedua

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 11:40 WIB
microsoft edge
Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler Kedua (Foto: istimewa)
Jakarta -

Internet Explorer adalah browser yang sering dijadikan lelucon karena performanya, namun kemudian Microsoft merilis browser lainnya untuk Windows 10 yang punya performa lebih baik, yaitu Edge.

Keputusan merilis Edge ini tampaknya adalah hal baik, karena menurut NetMarketShare, browser Edge kini menjadi browser terpopuler kedua di dunia, mengambil posisi yang sebelumnya ditempati oleh Mozilla Firefox.

Market share Edge kini mencapai 7,6%, menyalip Firefox yang market sharenya 7,2%, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (6/4/2020).

Jika melihat market share kedua browser tersebut, terlihat kalau pasar browser saat ini masih sangat didominasi oleh Google Chrome, yang market sharenya mencapai 68,5%. Jadi, tampaknya perjalanan Firefox ataupun Edge masih sangat jauh untuk bisa menyalip Chrome.

Namun Edge mungkin punya peluang yang lebih baik untuk mengejar persentase jumlah pengguna Chrome. Pasalnya mereka kini membuat Edge dengan platform Chromium, platform yang sama dengan Chrome.

Dengan penggunaan Chromium, Edge bakal kompatibel dengan lebih banyak situs dan bisa menggunakan ekstensi browser yang sama dengan Chrome. Artinya, jika pengguna memutuskan untuk pindah ke Edge dari Chrome, mereka tak akan kehilangan banyak fungsionalitas.



Simak Video " Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)