Bill Gates Kebut Pembuatan Vaksin Virus Corona

Bill Gates Kebut Pembuatan Vaksin Virus Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 06:15 WIB
Bill Gates
Bill Gates kebut upaya menciptakan vaksin virus corona. Foto: Reuters
Jakarta -

Bill Gates kembali menunjukkan kepedulian dalam melawan COVID-19. Gates mendanai pembangunan pabrik untuk menciptakan vaksin virus corona.

Pendiri Microsoft itu mengeluarkan miliaran dolar yang ditujukan untuk pembangunan tujuh pabrik kandidat vaksin virus corona. Dana tersebut mengalir melalui yayasan miliknya, Bill & Melinda Gates Foundation.

"Karena yayasan kami memiliki keahlian mendalam terkait penyakit menular, kami telah memikirkan epidemi, kami mendanai beberapa hal untuk lebih siap, seperti upaya (menciptakan-red) vaksin," ujar Gates seperti dilansir dari Business Insider.

"Pendanaan ini akan memepercepat banyak hal," ucapnya tanpa menyebutkan jumlah pundi-pundi yang dirogohnya.

Sebelumnya, pria yang pernah menyambangi Indonesia itu mengucurkan dana hingga USD 100 juta untuk mendeteksi virus sampai membantu mengisolasi orang-orang yang perlu diisolasi agar mendapatkan perawatan bahkan mungkin vaksin.

Gates menceritakan bahwa ia memilih tujuh kandidat vaksin teratas dan memutuskan untuk membangun kapasitas produksi untuk menciptakan vaksin tersebut.

"Meskipun akhirnya kita akan mengambil paling banyak dua dari mereka, kita akan mendanai pabrik untuk tujuh (vaksin-red), agar tidak membuang waktu dengan mengatakan, 'Ok, vaksin mana yang berfungsi?' dan kemudian membangun pabrik," tutur Gates.

Dengan cara simultan menguji dan membangun kapasitas produksi, cara ini dinilai penting untuk pengembangan cepat suatu vaksin. Karena biasanya, pengembangan dan pengujian vaksin memakan waktu paling cepat 18 bulan.

"Ini akan menjadi beberapa miliar dolar yang kita buang untuk hal lain yang lebih baik. Tapi, beberapa miliaran dolar dalam hal ini, pada situasi kita sekarang, di mana ada triliunan dolar hilang secara ekonomi, tapi itu sangat berharga dan sepadan," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)