Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom

Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 03 Apr 2020 11:40 WIB
Bill Gates
Bill Gates, salah satu miliuner teknologi dermawan yang aktif memerangi COVID-19. Foto: Reuters
Jakarta -

Di antara kabar tidak mengenakkan dan mengkhawatirkan di tengah pandemi COVID-19, ada lebih banyak cerita kebaikan yang membangkitkan optimisme untuk bergerak bersama.

Tua atau muda, dari orang biasa sampai public figure, di berbagai negara, semua terkena dampaknya. Di ranah teknologi, para miliuner teknologi ini memanfaatkan kekayaan dan pengaruhnya untuk ikut melawan COVID-19. Siapa saja mereka?

1. Bill Gates

Bill Gates yang memang dikenal dermawan benar-benar memanfaatkan pengaruhnya dalam situasi seperti ini. Pendiri Microsoft ini sebelumnya sudah sering berbincang di Ted Talks dan di sejumlah wawancara tentang kekhawatirannya mengenai pandemi, dan hal itu kini kejadian.

Sebagai orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation mengerahkan kekayaan mereka mulai dari kucuran dana hingga USD 100 juta untuk mendeteksi virus, sampai membantu mengisolasi orang-orang yang perlu diisolasi agar mendapatkan perawatan atau mungkin vaksin.

Deretan Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom Jack Ma. Foto: Reuters

2. Jack Ma

Pendiri raksasa e-commerce Alibaba Group, Jack Ma, mendonasikan berbagai perlengkapan medis ke empat negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Sumbangan itu diberikan untuk menghadapi COVID-19.

Bantuan peralatan medis itu terdiri dari 2 juta masker, 150 ribu test kit, 20 ribu baju pelindung, dan 20 ribu pelindung wajah yang disalurkan melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Donasi ini akan diikuti dengan bantuan untuk negara-negara Asia lainnya.

Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation juga merilis buku 'Pegangan Pencegahan dan Penatalaksanaan COVID-19' untuk tenaga medis. Buku ini bisa diakses secara gratis dalam versi digital dan sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

Elon MuskElon Musk. Foto: Reuters

3. Elon Musk

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk menyumbangkan ribuan ventilator. Elon membeli 1.255 unit ventilator dari China untuk membantu perawatan para pasien positif corona di AS. Cukup banyak rumah sakit di AS yang kekurangan ventilator di tengah wabah corona. Sebagian pasien corona kesulitan bernapas dan memerlukan perangkat tersebut.

Sebelumnya, ia mengatakan Tesla dan SpaceX siap memproduksi ventilator sendiri jika ada kekurangan pasokan di tengah wabah virus corona.