YouTube Tolak Komentari Fitur 'Shorts', Saingan Baru TikTok

YouTube Tolak Komentari Fitur 'Shorts', Saingan Baru TikTok

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 02 Apr 2020 18:53 WIB
Ilustrasi Youtube
YouTube tolak komentari rumor peluncuran fitur 'Shorts'. (Foto: detikINET/Irna Prihandini)
Jakarta -

YouTube dilaporkan berencana meluncurkan fitur sharing video singkat dalam aplikasinya. Fitur ini direncanakan akan ada sebelum 2020 akhir. Namun YouTube menolak mengomentari hal ini.

"Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi," ujar juru bicara YouTube kepada Business Insider seperti dilihat, Kamis (2/4/2020).

Tempat berbagi video pendek itu disebut akan dinamakan 'Shorts' dan ada pada aplikasi YouTube mobile yang mana berarti pengguna bisa menggunakan musik dan lagu berlisensi di YouTube.


TikTok sendiri meluncur pada September 2017 oleh perusahaan berbasis di China, ByteDance dan telah diunduh oleh 100 juta pengguna. Akan tetapi Shorts pede dengan keunggulannya sendiri.

Karena Shorts telah berada di dalam aplikasi YouTube, pengguna tidak perlu mengajak pengguna YouTube mengunduh aplikasi lain. Video juga lebih berwarna dengan banyak lagu dan musik yang ada di platform yang telah berdiri lebih dari 15 tahun itu. Para YouTuber juga bisa memanfaatkan fitur itu yang bisa mengenalkan fans mereka dengan fitur Shorts.

Sebelum YouTube, Facebook pernah membuat kompetitor TikTok pada November 2018 dengan nama Lasso, namun namanya kurang terdengar sejak aplikasi tersebut debut.



Simak Video "Chapters, Fitur YouTube Bantu Lompati Bagian Video yang Diinginkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)