WhatsApp, Instagram dan Facebook Kembali Tumbang Barengan

WhatsApp, Instagram dan Facebook Kembali Tumbang Barengan

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 02 Apr 2020 08:43 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook dilaporkan tumbang bersamaan oleh banyak pengguna dari sejumlah negara.

Mereka melaporkan ketiga layanan tersebut down sekitar 22.00 GMT (1/4/2020) atau pukul 05.00 WIB (2/4/2020) lewat Twitter. Keluhannya mereka tidak dapat ke layanan, beberapa mengaku tidak dapat mengakses dan mengupload gambar.

"Apakah hanya saya atau memang WhatsApp lagi down? menyebabkan foto, GIF dan voice note saya gagal dikirim. Adakah orang lain dengan masalah ini," tulis seorang pengguna.

Pantauan di situs Down Detector yang dilakukan laman Mirror memperlihat adanya kendala layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook di banyak negara. Paling banyak laporan berasal dari Eropa Utara, sepanjang pantai timur dan barat Amerika.

Sementara di Asia sendiri, termasuk Indonesia, tidak terlihat adanya kendala. Dan sejauh ini Facebook belum berkomentar soal masalah yang menimpa sebagian besar pengguna di Eropa dan Amerika.

WhatsApp, Instagram dan WhatsApp Kembali Tumbang BarenganPeta sebaran layanan WhatsApp yang tumbang, Foto: Down Detector

Seperti kita ketahui ini bukan kali pertama WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami tumbang secara bersamaan. Tahun lalu ketiganya down secara bersamaan berjam-jam.

Saat berangsur normal, Facebook akhirnya buka suara terkait masalah itu. Menurut perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu gangguan yang terjadi merupakan imbas dari perubahan konfigurasi pada server yang digunakan untuk layanan-layanannya itu.



Simak Video "Fitur 'Last Seen, Online, Typing' Hilang, WhatsApp Puncaki Trending"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)