Tips Belajar sambil Bermain yang Asyik Selama di Rumah Aja

Tips Belajar sambil Bermain yang Asyik Selama di Rumah Aja

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 21:00 WIB
anak belajar
Tips Belajar sambil Bermain yang Asyik Selama di Rumah Aja. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19 ini, tak cuma para pekerja dan orang tua yang harus kerja dari rumah. Sekolah pun harus diliburkan dan anak-anak diminta belajar dari rumah demi keamanan bersama. Kalau sudah mulai kehabisan ide mengajak anak-anak, keponakan atau adik kita bermain sambil belajar, simak tipsnya .

Bermodalkan smartphone, anak-anak bisa belajar flora dan fauna kapan saja lewat berbagai pendekatan yang membuat mereka terlibat dan aktif. Ini dia 5 tips bemain sambil belajar dari Google.

Tips Belajar Flora dan Fauna yang Asyik Selama di Rumah Aja

1. Bertemu hewan pakai Augmented Reality (AR)

Kita bisa menunjukkan beruang coklat, hiu, dan 27 hewan lain seukuran aslinya lewat pencarian sederhana di Google Search. Hewan-hewan ini bisa seolah nyata hadir di rumah dan anak-anak bisa melihat seberapa besar atau kecilnya mereka, dan bagaimana mereka membandingkannya dengan misalnya sofa, kulkas atau barang-barang lainnya di rumah.

Caranya, ketik misalnya 'panda' di pencarian Google. Hasil pencarian akan menampilkan gambar panda, lalu pilih gambar yang dihighlight dalam kotak berlabel tulisan 'lihat dalam 3D'. Kemudian ikuti petunjuknya untuk menempatkan panda di tempat yang diinginkan.

Tips Belajar Flora dan Fauna yang Asyik Selama di Rumah Aja

2. Mengenal suara asli hewan

Selain melihat perkiraan ukuran asli seekor hewan, Google Search juga bisa mencarikan suara asli hewan untuk diperkenalkan kepada anak. Caranya masih sama dengan pencarian di tips pertama. Ketik 'suara hewan' pada Google Search, kemudian hasil pencarian akan menampilkan jenis-jenis suara hewan di deretan kotak di atas. Lalu tap ikon speaker pada setiap gambar hewan untuk mendengarkan suaranya.

Tips Belajar Flora dan Fauna yang Asyik Selama di Rumah Aja

3. Mengenal alam pakai Google Lens

Ketika sedang di pekarangan rumah, atau dan anak-anak bertanya tentang jenis tumbuhan atau hewan yang mereka lihat, kita bisa menggunakan ponsel dan membuka aplikasi Google Lens. Arahkan kamera pada objek yang dimaksud, dan Google Lens akan menampilkan informasi tentang objek tersebut dengan lengkap.

Tips Belajar Flora dan Fauna yang Asyik Selama di Rumah Aja

4. Pelajari fakta seputar flora dan fauna

Apa yang dimakan panda? Berapa panjang ular python? Di mana macan tutul tinggal? Pertanyaan tak terduga semacam ini sering dilontarkan anak-anak dan kita bingung menjawabnya. Nah, kenalkan mereka pada fakta seputar flora dan fauna melalui knowledge panel hewan di Google Search.

Caranya, cukup dengan mengetikkan nama hewan atau tumbuhan yang ingin dipelajari, dan temukan kotak detail menarik berisi informasi lengkap mulai dari nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, dan makanan yang mereka makan.

Tips Belajar Flora dan Fauna yang Asyik Selama di Rumah Aja

5. Selami dunia bawah laut

Si kecil suka dengan laut? Kenapa tidak diajak menyelam saja? Tentunya, kalau menyelam kedalaman laut sungguhan belum memungkinkan, kita ajak mereka menyelami laut secara virtual.

Anak-anak bisa diajak bertualang di bawah perairan Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga pulau Komodo. Hanya dibutuhkan Google Maps untuk menjelajahi secara virtual keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Tinggal buka aplikasi Google Street View di ponsel, lalu ketik nama tempat yang ingin dijelajahi dan aplikasi akan menampilkan pemandangan Underwater Street View.

Underwater Street View ini dibuat oleh tim XL Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air yang dikemudikan seorang penyelam. Inisiatif ini sendiri merupakan bagian dari studi global yang didedikasikan untuk memantau perubahan karang laut dan mengungkapkan perubahan itu kepada dunia.



Simak Video "Kasus Positif Corona di 5 Provinsi Ini Masih Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)