Kapal Selam Nuklir Rusia 'Dikalahkan' Corona

Kapal Selam Nuklir Rusia 'Dikalahkan' Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 17:49 WIB
The Argentine military submarine ARA San Juan and crew are seen leaving the port of Buenos Aires, Argentina June 2, 2014. Picture taken on June 2, 2014. Armada Argentina/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Kapal Selam Nuklir Rusia 'Dikalahkan' Corona (Ilustrasi Foto: Reuters)
Moskow -

Kapal selam dengan misil nuklir merupakan salah satu senjata andalan Rusia. Tapi kapal selam itu pun harus bertekuk lutut menghadapi pandemik virus corona.

Operasional kapal selam milik Angkatan Laut Rusia tersebut terganggu karena seluruh krunya dikarantina. Penyebabnya, ada seorang kontraktor sipil masuk ke kapal itu dipastikan sempat kontak dengan orang lain yang positif COVID-19.

Dikutip detikINET dari Futurism, kejadian itu memaksa seluruh kru menjalani isolasi. Tidak disebutkan berapa jumlahnya, tapi biasanya kapal semacam itu membawa 110 orang di dalamnya.

Bahkan tak hanya itu, personel yang berada di kapal selam yang kebetulan berdekatan dengan kapal selam tersebut juga ikut dikarantina.

Militer Rusia sendiri meningkatkan kewaspadaan terkait penyebaran virus corona. Sebelumnya, sekitar 3.700 personel militer mereka dites dan beruntung hasilnya semua negatif.

Tak hanya Rusia, militer Amerika Serikat pun merasa khawatir kalau-kalau corona menular ke anggotanya. Terutama jika ada personel di kapal induk yang positif corona, bisa cepat menyebar karena kondisi kapal yang padat.

"Kami dalam proses untuk mengetes 100% dari kru di kapal untuk memastikan kami mampu menangani jika ada penyebaran yang mungkin muncul," kata pejabat AL AS, Thomas Modly.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)