Grab Siapkan Rp 160 Miliar Bantu Redam Dampak Corona di Indonesia

Grab Siapkan Rp 160 Miliar Bantu Redam Dampak Corona di Indonesia

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 15:55 WIB
Grab Yogyakarta
Grab Siapkan Rp 160 Miliar Bantu Redam Dampak Corona di Indonesia (Foto: Grab)
Jakarta -

Grab Indonesia menyumbangkan dana sebesar USD 10 juta atau setara Rp 160 miliar untuk berbagai inisiatif penanganan virus corona (COVID-19) di Indonesia. Adapun inisiatif yang menjadi fokus utama dari Grab adalah skema bantuan dalam meringankan kendala keuangan bagi mitra pengemudi, mitra pengantaran, dan mitra merchant yang terdampak.

"Prioritas kami adalah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua orang di platform kami," ujar President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dalam keterangan tertulis, Senin (31/3/2020).

Adapun program bantuan mitra pengemudi Grab yang akan dilakukan adalah bantuan dana sebesar Rp 1,5 juta bagi pengemudi GrabBike dan Rp 3 juta bagi pengemudi GrabCar yang apabila dinyatakan positif COVID-19. Kemudian bagi mitra GrabCar yang memilih asuransi Mandiri In-Health yang telah disubsidi oleh Grab, sekarang bisa melakukan klaim terkait COVID-19 seperti pemeriksaan medis, konsultasi dokter, dan sebagainya.

Adapula Program Dukungan terhadap Mitra Merchant juga diberikan oleh Grab, yaitu berupa bantuan untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas, aplikasi, dan promosi khusus. Para mitra merchant akan diberikan kategori khusus untuk restoran lokal dan mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk makanan umum dan diskon pada makanan kemasan.

"Semoga bantuan ini dapat memberikan ketenangan terkait tanggungan kendaraan dan kebutuhan hidup lainnya selama masa karantina dan penyembuhan," pungkas Ridzki.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menuturkan Grab turut melakukan berbagai inisiatif untuk menjaga keamanan komunitasnya seperti menyediakan masker untuk mitra pengemudi, menyiapkan stasiun disinfeksi, meluncurkan pengantaran tanpa kotak, pelaporan suhu tubuh harian mitra pengemudi, meningkatkan prosedur kebersihan bagi mitra merchant, dan masih banyak lagi.

"Kami akan terus membantu pemerintah meratakan kurva pandemi COVID-19," ungkap Neneng.

Menurut Neneng, dalam membantu upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus, Grab juga telah menjadi mitra terpercaya untuk pemeriksaan awal gejala virus melalui layanan konsultasi GrabHealth, layanan pengantaran obat dan petugas kesehatan yang berada dalam naungan Kementerian Kesehatan RI, memimpin kampanye donasi, dan menyediakan masker bagi masyarakat Indonesia.

"Grab, BenihBaik dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga bersama-sama menyediakan masker bagi petugas kesehatan, mitra pengemudi, dan masyarakat melalui inisiatif '1 juta masker PMI'," imbuhnya.

Neneng pun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap para mitra Grab yang sudah menempatkan diri mereka dalam risiko setiap harinya untuk tetap melayani masyarakat.

"Kami sangat bersyukur para mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant kami, yang menempatkan diri mereka dalam risiko setiap harinya untuk terus melayani masyarakat. Terima kasih atas semua yang Anda lakukan dan untuk terus melayani orang Indonesia di masa sulit ini," pungkas Neneng.



Simak Video "Tetap Jaga Jarak, Kamu Bisa Kirim Banyak Paket Tanpa Keluar Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)