Petinggi Grab Sumbang 20% Gaji untuk Mitra Terdampak Corona

Petinggi Grab Sumbang 20% Gaji untuk Mitra Terdampak Corona

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 13:15 WIB
Grab
Petinggi Grab Sumbang 20% Gaji untuk Mitra Terdampak Corona (Foto: Grab)
Jakarta -

Petinggi Grab akan menyumbangkan 20% gaji secara sukarela dari pendapatannya untuk membantu kegiatan bisnis dan keberlangsungan mitra Grab terdampak wabah virus corona atau COVID-19 yang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia.

Group CEO and Co-Founder of Grab Anthony Tan mengatakan hal tersebut dilakukan mengingat pandemi COVID-19 telah memberikan dampak ketidakpastian finansial yang besar bagi mitra pengemudi, mitra pengiriman, dan mitra merchant Grab. Karena itu, prioritas utamanya memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap mitra yang tergabung dalam Grab.

"Kami ingin menjalankan bagian kami untuk mendukung mitra kami. Oleh karena itu, kami telah memperluas Program Bantuan Mitra, untuk membantu para mitra yang terkena imbas secara langsung oleh krisis ini," ujar Anthony dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Adapun upaya dari solidaritas bagi para mitra yang mengalami kendala finansial di tengah krisis ini, Program Bantuan Mitra juga akan didanai secara sukarela oleh seluruh karyawan Grab melalui donasi yang berasal dari tunjangan mereka.

Selain itu, mengatasi kondisi yang penuh ketidakpastian saat ini, Grab meluncurkan dua inisiatif yang dirancang untuk menghadirkan lebih banyak bantuan finansial dan kewirausahaan untuk komunitas mitra Grab agar semua mitra bisa sedikit terpenuhi berbagai kebutuhannya.

Pertama memperluas cakupan skema bantuan keuangan Grab untuk COVID-19 ke sebagian besar negara di mana Grab beroperasi. Selama dua minggu terakhir, Grab memperluas skema bantuan keuangan COVID-19 dari Singapura, Thailand dan Vietnam, ke Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan FIlipina.

Skema ini akan memberikan bantuan dana bagi mitra pengemudi atau mitra pengantaran yang dirawat di rumah sakit atau di karantina setelah didiagnosa COVID-19, sehingga mereka dapat merasa tenang selama masa pemulihan.

Kedua menyediakan berbagai langkah bantuan bagi merchant GrabFood untuk membantu bisnis mereka selama masa sulit ini. Grab juga akan mendanai secara langsung, serta bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran GrabFood untuk merchant-merchant terpilih yang diharapkan dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan dan menerima pendapatan tambahan.

Sementara itu, Regional Head of Operations Grab Russel Cohen mengatakan Program Bantuan Mitra bertujuan untuk mengurangi dampak dari pandemi ini terhadap mata pencaharian mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant. Sebagai ekosistem yang saling bergantung satu sama lain untuk sukses, Grab selalu menempatkan kebutuhan mitra sebagai prioritas.

"Bagi merchant, kami berharap program bantuan merchant ini akan mengurangi tekanan keuangan mereka dan membantu mereka untuk tetap dapat fokus melayani pelanggan. Dengan memastikan ketahanan merchant, kami tidak hanya memenuhi peningkatan permintaan dari pengantaran makanan selama masa krisis ini, tapi juga memberikan lebih banyak peluang penghasilan bagi mitra pengantaran kami," pungkas Russel.



Simak Video "Grab Food Gebrak 2020 dengan Gerakan 'Jangan Lupa Makan'"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)