Google Janji Layanannya Tak Tumbang Selama Masa WFH

Google Janji Layanannya Tak Tumbang Selama Masa WFH

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 09:30 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Google Pastikan Layanannya Tidak Tumbang Selama Masa WFH. Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Dengan banyaknya orang bekerja dan belajar dari rumah di masa pandemi seperti sekarang, layanan internet jadi sangat penting. Meski jarang terjadi, beberapa layanan Google pernah mengalami pemadaman singkat. Sebagian orang pun mempertanyakan apakah server Google dilengkapi peralatan darurat untuk menangani traffic internet yang saat ini lebih membludak?

Senior Vice President of Technical Infrastructure Google Urs Holzle pun menjawab kekhawatiran ini melalui sebuah tulisan di blog Google. Dia memastikan para pengguna layanan Google bahwa tim besarnya mampu menangani traffic internet semasif ini.

"Jaringan Google mendukung layanan yang diandalkan orang di seluruh dunia setiap hari, seperti YouTube, Search, Maps, dan Gmail. Jaringan ini juga menghubungkan pelanggan Google Cloud dengan karyawan dan penggunanya," kata Holzle seperti dikutip dari Ubergizmo.

"Ketika pandemi virus corona menyebar dan lebih banyak orang kerja dan belajar dari rumah, wajar jika pengguna bertanya-tanya apakah jaringan Google dapat menangani beban traffic. Jawaban singkatnya, ya," tegasnya.

Dia kemudian mengatakan bahwa jaringan Google telah dirancang untuk berkinerja maksimal bahkan pada saat permintaan tinggi, seperti periode puncak saat Cyber Monday, final Piala Dunia, dan sebagainya.

Holzle juga mengakui bahwa saat ini ada lonjakan traffic untuk beberapa layanan mereka seperti Hangouts Meet yang banyak dipakai untuk mendukung video call conference. Meski demikian, dia kembali meyakinkan bahwa tingkat lalu lintas layanan ini berada dalam jangkauan kemampuan Google.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)