Pengguna Facebook Makin Sering Nonton Video Live Gegara Corona

Pengguna Facebook Makin Sering Nonton Video Live Gegara Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 21:14 WIB
ilustrasi facebook
Pengguna Facebook Makin Sering Nonton Video Live Gegara Corona (Foto: detikINET/Irna Prihandini)
Jakarta -

Facebook mengatakan makin banyak penggunanya yang menonton video live stream di platform-nya. Kenaikan ini diduga karena semakin banyak orang yang mengadakan live stream selagi social distancing karena wabah virus corona.

Dikutip detikINET dari Cnet, Senin (30/3/2020) Facebook melaporkan dari Februari hingga Maret 2020, jumlah penonton Facebook Live di Amerika Serikat meningkat hingga 50%.

Juru bicara Facebook tidak membagikan jumlah spesifik pengguna Facebook Live di AS, tapi ia mengatakan kenaikannya signifikan. Sejauh ini telah ada 8,5 miliar video yang disiarkan langsung lewat Facebook Live.

Untuk mengakomodasi kenaikan tersebut, Facebook akan mengenalkan sejumlah fitur baru, terutama untuk memudahkan pengguna di daerah dengan internet yang belum optimal. Fitur-fitur ini akan dirilis secara global dan bertahap dalam dua minggu ke depan.

Facebook akan meluncurkan mode khusus audio dan juga closed caption otomatis. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini juga akan menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna tanpa akun Facebook untuk bisa menonton video live.

Facebook juga akan memperluas fitur Stars yang memungkinkan kreator untuk mendapatkan uang dari live stream yang dilakukan. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk gamer, tapi kini musisi dan institusi budaya juga bisa menggunakannya.

Head of Facebook App, Fidji Simo mengatakan Facebook juga mengubah roadmap produknya karena perilaku pengguna yang berubah sejak pandemi COVID-19. Pegawai Facebook kini difokuskan untuk fitur seperti video live, berita dan grup.

Sedangkan fitur yang mendorong banyak orang untuk berkumpul di dunia nyata seperti Facebook Events dan Facebook Marketplace tidak lagi menjadi fokus. Prioritas ini kemungkinan akan terus diterapkan bahkan setelah wabah virus corona mulai mereda.

"Ini kebutuhan yang ada di saat physical distancing, tapi ini juga kebutuhan yang juga ada saat waktu normal," jelas Simo.



Simak Video "Pemosting Status FB 'Doakan Paramedis Kena Corona' Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)