Efek Corona, Trafik WhatsApp Melonjak Tajam

Efek Corona, Trafik WhatsApp Melonjak Tajam

Josina - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 16:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Trafik Penggunaan WhatsApp Melonjak Efek Corona. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Virus Corona yang menyebar ke seluruh dunia membuat masyarakat harus melakukan segala aktivitasnya di rumah guna menghindari virus tersebut. Dampaknya, penggunaan media sosial dan aplikasi kian meningkat untuk tetap saling terhubung dengan keluarga, teman dan juga rekan kerja.

Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan riset Kantar, diungkapkan bahwa WhatsApp adalah aplikasi media sosial yang mengalami lonjakan terbesar karena Covid-19.

Dilansir detikNET dari TechCrunch, mereka melakukan survei lebih dari dari 25.000 konsumen di 30 negara yang dilakukan 14-24 Maret 2020.

Dari hasil tersebut dilaporkan pengguna WhatsApp secara global meningkat 40%. Saat awal-awal pandemi, penggunaannya meningkat 27% dan di pertengahan mencapai 41%. Lalu untuk negara-negara yang sudah dalam fase pandemi, penggunaan WhatsApp melonjak hingga 51%.

Di beberapa negara, penggunaan WhatsApp bahkan lebih lebih signifikan kenaikannya seperti penggunaan di Spyanyol yang melonjak tinggi mencapai 76%.

Tak hanya di WhatsApp, semua platform messaging juga mengalami kenaikan besar di mana penggunanya lebih banyak dilakukan oleh kelompok usia 18-34 tahun

Penggunaan Facebook dan Instagram mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 40% dengan kelompok usia yang sama seperti pengguna WhatsApp.

Lalu aplikasi lain seperti WeChat dan WeiBo juga mengalami kenaikan trafik penggunaan yang signifikan tak heran di China. Secara keseluruhan, penggunaan Facebook telah meningkat hingga 37% dan penggunaan WeChat serta Weibo meningkat 58%.

Meski kenaikan ini tentu keuntungan bagi pemilik platform, namun hasil survei juga mengungkapkan bahwa konsumen tidak mempercayai platform media sosial soal berita-berita virus Corona. Mereka lebih percaya dengan situs berita atau organisasi kesehatan yang resmi.

Sebanyak 48% responden mengatakan situs berita lebih dipercaya dan untuk media sosial hanya dipercaya 11% responden.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)