Google Tidak Ikutan April Mop Tahun Ini karena Pandemi Corona

Google Tidak Ikutan April Mop Tahun Ini karena Pandemi Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 08:33 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Google Tidak Ikutan April Mop Tahun Ini karena Pandemi Corona Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Tanggal 1 April tiap tahunnya diperingati sebagai April Mop dan internet biasanya dipenuhi dengan lelucon dan prank jahil. Perusahaan teknologi pun ikut meramaikan tradisi ini tiap tahunnya, termasuk Google.

Tapi untuk tahun 2020, Google telah membatalkan semua lelucon April Mop-nya karena dampak pandemi virus corona terus menyebar di seluruh dunia.

Dikutip detikINET dari The Verge, Senin (30/3/2020) kabar ini diumumkan oleh Head of Marketing Google Lorraine Twohill dalam email internal untuk semua karyawan.

"Tahun ini kita akan menarik diri dari tradisi tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada semua orang yang berjuang melawan pandemi COVID-19," tulis Twohill dalam email tersebut.

"Tujuan terbesar kami saat ini adalah untuk membantu banyak orang, jadi simpan leluconnya untuk April tahun depan, yang tentu saja akan menjadi lebih ceria dibanding saat ini," sambungnya.

Email dari Twohill ini tidak hanya disebarkan untuk mengumumkan pembatalan prank April Mop Google yang utama, tapi juga untuk meminta proyek lelucon lebih kecil lainnya yang dikembangkan oleh divisi Google untuk dihentikan.

"Tolong cari upaya-upaya itu dan pastikan tim kalian menghentikan sementara lelucon yang mungkin telah mereka rencanakan - secara internal atau eksternal," jelas Twohill.

Tradisi April Mop di Google memang telah berlangsung sejak lama, tepatnya sejak tahun 2000. Setiap tahunnya, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California ini menampilkan lelucon dan prank di beberapa produk miliknya.

Sebut saja pada tahun 2019 aplikasi Google Maps memiliki fitur untuk memainkan game Snake dengan latar belakang beberapa kota besar di dunia. Selain itu Google Belanda juga meluncurkan video prank di YouTube tentang aplikasi baru yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan tulip.



Simak Video "Profil Kim Jaejoong, Idol Korsel yang Jadikan Corona Candaan April Mop"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)