Yuk Ikutan Indonesia Pasti Bisa, Program Produksi 100 Ribu Test Kit Corona

Yuk Ikutan Indonesia Pasti Bisa, Program Produksi 100 Ribu Test Kit Corona

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 28 Mar 2020 16:05 WIB
Nusantics
Lewat Indonesia Pasti Bisa, startip Nusantics memproduksi 100 ribu test kit corona gratis. Foto: East Ventures
Jakarta -

Guna mendukung upaya pemerintah menekan korban virus corona di Tanah Air, East Ventures inisiasi program Indonesia Pasti Bisa. Sebagai langkah awal mereka menghimpun pendanaan yang menargetkan Rp 10 miliar.

Dana senilai Rp 9 miliar nantinya akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100 ribu test kit corona secara gratis. Sedangkan dana Rp 1 miliar
akan digunakan untuk proyek whole genome sequencing.

Nusantics adalah startup deep-tech bidang genomic yang tergabung dalam keluarga besar East Ventures. Kini merekah tengah mengembangkan test kit untuk pengujian infeksi COVID-19.

Proyek ini adalah bagian dari tugas Nusantics sebagai anggota Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selama tiga pekan ke depan, Nusantics akan menggunakan keahlian dan sumber daya milik perusahaan dalam bidang genetika untuk mengembangkan test kit qPCR, yang didesain spesifik untuk populasi Indonesia berdasarkan hasil riset tentang COVID-19 dari seluruh dunia.

Mereka berkomitmen untuk memproduksi 100 set alat uji qPCR sebagai prototipe, lalu bekerja sama dengan Biofarma, BPPT, dan Indonesia International Institute for Life Science untuk memproduksi massal hingga 100 ribu test kit..

Nusantics akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab COVID-19 yang menyebar di IndonesiaNusantics akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab COVID-19 yang menyebar di Indonesia Foto: East Ventures

Secara paralel, Nusantics juga akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab COVID-19 yang menyebar di Indonesia. Pemetaan genomika berbagai varian virus penting karena virus cenderung untuk bermutasi dengan cepat ke beragam bentuk yang unik sesuai wilayah penyebarannya.

Hasil dari pemetaan genomika virus kemudian akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan vaksin. Selain itu, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk mevalidasi test kit hasil pengembangan Nusantics dan test kit lain yang digunakan di Tanah Air.

Apakah bisa ikutan gerakan Indonesia Pasti Bisa ini? Tentu saja, malah peran kamu sangat diperlukan.

Kamu bisa menyumbangkan dana, bahan baku dan peralatan, atau tenaga dan keahlian dengan mengakses Indonesiapastibisa.com. Untuk urun dana sendiri akan dimulai pada Senin (30/3/2020) pukul 09.00 WIB.

"Dengan meletakkan fondasi platform berasaskan result-oriented, accountability dan transparancy, kami berharap agar semua orang bisa berpartipasi dengan yakin lewat donasi dan bersama-sama bergerak untuk Indonesia yang kita cintai, melawan virus COVID-19. Indonesia Pasti Bisa membuat test-kit COVID-19 sendiri," kata Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner East Ventures.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)