Kamis, 26 Mar 2020 21:14 WIB

Chatbot WhatsApp Andalan Berbagai Negara di Tengah Wabah Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Akun chatbot WhatsApp COVID-19 resmi Pemerintah RI. Chatbot WhatsApp. (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
FOKUS BERITA Teknologi Lawan Corona
Jakarta -

Mewabahnya corona membuat banyak orang ingin tahu informasi yang sahih mengenai virus tersebut. Salah satu media yang diandalkan adalah dengan chatbot WhatsApp.

Indonesia melalui Kominfo telah menyediakan chatbot WhatsApp sejak Jumat (20/3). Bagi kalian yang ingin mencari informasi seputar virus corona, dapat memasukkan nomor +6281133399000 di smartphone. Setelah itu, beralih dan masuk ke aplikasi WhatsApp lalu cari nomor di atas.

Chatbot WhatsApp COVID-19 pemerintah akan memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah dipilih, mulai dari 'Kabar COVID-19 terkini di Indonesia', 'Sebenarnya apa sih COVID-19 itu?', hingga soal 'Rumah Sakit Rujukan COVID-19'.

Inisiatif serupa dilakukan oleh pemerintah India, yang baru saja melakukan lockdown seluruh negerinya. Tujuannya tentu sama, memberikan informasi soal corona yang benar dan mengendalikan hoax.

"Chatbot ini dibuat untuk memerangi rumor, mengedukasi masa dan membawa ketenangan dalam situasi yang menjurus chaos," sebut pihak pembuatnya.

Negara lain yang mengandalkan chatbot WhatsApp adalah Inggris. Negara maju ini juga sedang melakukan lockdown agar laju infeksi virus corona dapat ditekan.

"Layanan ini akan membantu kami dalam memastikan publik memiliki sumber terpercaya untuk informasi yang benar tentang virus corona," kata Yvonne Dolve, pejabat kesehatan Inggris yang dikutip detikINET dari Reuters.

WhatsApp memang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan pemakai miliaran. Chatbot melalui aplikasi milik Facebook ini pun diharapkan mudah digunakan dan diakses seluruh masyarakat.



Simak Video "Yuk Coba! Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
FOKUS BERITA Teknologi Lawan Corona