Kamis, 26 Mar 2020 18:19 WIB

Sudah Dicekal, Masih Ada Penjual Masker Nakal di Facebook

Virgina Maulita Putri - detikInet
ilustrasi facebook Sudah Dicekal, Masih Ada Penjual Masker Nakal di Facebook (Foto: detikINET/Irna Prihandini)
Jakarta -

Wabah virus corona di Indonesia dimanfaatkan segelintir orang untuk menjual barang-barang kesehatan yang esensial dengan harga selangit. Facebook pun siap untuk menindak penjual nakal di platform-nya.

Head of Marketing di Indonesia untuk Facebook, Hilda Kitti mengatakan pihaknya sudah menghapus semua penjualan barang-barang yang dianggap esensial saat wabah COVID-19, seperti masker dan hand sanitizer.

"Jadi seharusnya tidak ada penjual nakal karena sudah dilarang berjualan di dalam konten-konten yang beredar di platform-nya Facebook," kata Hilda di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Aturan ini memang mengikuti kebijakan global Facebook yang melarang iklan masker, hand sanitizer, tisu desinfektan dan alat uji COVID-19. Director of Product Management Facebook Rob Leathern juga sebelumnya mengatakan akan menghapus unggahan di Facebook atau Instagram yang menjual produk-produk tersebut.

Hal ini dilakukan Facebook untuk mencegah pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kondisi kritis seperti saat ini untuk mengambil keuntungan.

Tapi di Marketplace, platform jual beli milik Facebook, masih ditemukan banyak pengguna yang menjual masker dan hand sanitizer di kawasan Jakarta.

Penjual masker dengan harga selangit di Facebook MarketplacePenjual masker dengan harga selangit di Facebook Marketplace Foto: Screenshot Facebook

Berdasarkan pantauan detikINET, harga yang dipasang pun beragam mulai dari gratis - yang mungkin dilakukan agar calon pembeli mau menghubungi penjual dan kemudian diberi harga tinggi - hingga Rp 390 ribu untuk satu kotak berisi 50 masker.

Jika mencari kata kunci seperti 'hand sanitizer', 'virus corona' dan 'masker n95' memang tidak membuahkan hasil. Tapi penjualan masker dan hand sanitizer masih terpampang di halaman depan Marketplace.

Facebook bukan satu-satunya platform yang terus berupaya mencegah penjual nakal di tengah wabah corona. Baru-baru ini platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee mengatakan siap menindak toko yang menjual masker dengan harga selangit.



Simak Video "Ragam Jenis Masker dan Plus Minusnya dalam Menghalau Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)