Gojek Siap Salurkan Bantuan Rp 100 Miliar Untuk Driver Terimbas Corona

Gojek Siap Salurkan Bantuan Rp 100 Miliar Untuk Driver Terimbas Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Mar 2020 17:17 WIB
Gojek
Gojek Siap Salurkan Bantuan Rp 100 Miliar Untuk Driver Terimbas Corona (Foto: Gojek)
Jakarta -

Yayasan Anak Bangsa Bisa baru saja dibentuk Gojek untuk meringankan beban para drivernya yang terimbas wabah virus corona dan berujung menurunnya pendapatan. Bagaimana dana bantuan dari yayasan itu akan disalurkan?

Sumber dana tahap awal berasal dari internal Gojek. Co-CEO dan jajaran manajemen Gojek akan mendonasikan 25% dari gaji tahunan mereka selama 12 bulan ke depan ke yayasan tersebut. Kemudian karyawan Gojek juga berdonasi. Total saat ini, sudah terkumpul Rp 100 miliar.

"Skemanya sendiri lagi difinalisasikan, karena ada beberapa komponen yang kita mau support. Pertama kalo misalnya ada driver atau partner kami yang positif COVID-19 yang sudah dikonfirmasi melalui Kemenkes, berarti nanti secara income kita kasih santunan," kata Co-CEO Gojek, Andre Sulistyo.

Yayasan kemungkinan juga akan mempertimbangkan beberapa faktor, misalnya berapa income rata-rata driver atau merchant sebelum memberi bantuan. Saat ini, skemanya sedang dirumuskan oleh pihak yayasan.

"Skema yang lain masih digodok oleh foundation-nya dengan kerjasama dengan tim kita juga supaya semua transparan biar clear. Dengan adanya support dari banyak orang yang nyumbang, kami juga mau make sure bahwa governance dan transparansinya clear," jelas Andre.

Sumber dana yayasan di masa depan diharapkan dapat berasal dari kalangan lebih luas. "Kita harap bukan hanya di sini aja, kami harap juga user dan pemegang saham kami dan partner di ekosistem Gojek akan turut berpartisipasi, bisa lebih banyak program dan membantu driver," paparnya lagi.



Simak Video "Maia Estianty Apresiasi Driver Ojol yang Minta Bantuan Lewat Jualan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)