Terapkan Social Distancing, Kominfo Gaet 6 Startup

Terapkan Social Distancing, Kominfo Gaet 6 Startup

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 23 Mar 2020 22:32 WIB
Kominfo kerja sama dengan enam startup untuk menerapkan social distancing di tengah merebaknya virus corona di Indonesia.
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Kominfo
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo menggaet enam startup kelas decocorn dan unicorn untuk menerapkan social distancing di tengah merebaknya virus corona COVID-19 di Indonesia.

Keenam startup yang dimaksud, yaitu Bukalapak (e-commerce), Gojek (ride hailing), Grab (ride hailing), Halodoc (e-health), dan Ruangguru (e-learning).

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan kolaborasi pemerintah dan startup ini sebagai bentuk implementasi dari arahan Presiden RI Joko Widodo terkait social distancing di tengah pandemi COVID-19.

"Perusahaan platform digital yang beroperasi di Indonesia mempunyai komitmen memastikan terlayani pelayanan tetap prima dan baik untuk melayani masyarakat," ujar Johnny di Jakarta, Senin (23/3/2020).

"Platform digital baik decacorn maupun unicorn diantaranya Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan berdoa atau beribadat di rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing," jelasnya.

Menteri Johnny mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal.

"Kami mendorong kegiatan belanja dari rumah, konsultasi dari rumah, dan belajar dari rumah. Pemerintah juga mengimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali," tuturnya.

Adapun, pemerintah juga menekankan agar produk-produk yang dibutuhkan masyarakat, seperti masker dan hand sanitizer tetap tersedia dengan harga normal. Bila ada pelapak online yang menaikkan harganya, maka penyedia platform tersebut harus menindak tegas.



Simak Video "Cara London Dukung Social Distancing: Perlebar Trotoar"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)