Dilema Driver Online, Antara Virus Corona dan Orderan

Dilema Driver Online, Antara Virus Corona dan Orderan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 23 Mar 2020 20:00 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta -
Driver online atau ojek online (ojol) adalah salah satu pekerjaan yang mau tidak mau membuat mereka harus bekerja di lapangan. Tapi di tengah wabah corona, hal ini menjadi suatu dilema, apa yang harus dilakukan?
Yadi Supriyadi (60) asal Depok mengatakan bahwa perusahaan yang menaunginya sebagai mitra telah melakukan banyak imbauan dan tips pencegahan. Meski was-was juga, ia berusaha untuk bekerja sembari menjaga kesehatan.
"Pencegahan disuruh waspada dan jaga kesehatan, tahulah driver gimana. Dapat informasi juga dari penumpang, ada dokter juga menjelaskan. Yang penting banyak minum air putih, sering cuci tangan," kata Yadi kepada detikINET beberapa waktu lalu.
Ia menambahkan, tak perlu terlalu dicemaskan tapi tetap waspada, sebab jika dipikirkan berlebihan akan membuat stres dan tekanan darah naik. Kesehatan pun menjadi menurun karena terlalu khawatir.
"Yang jelas kalau ada orang asing pakai masker. Saya sih sudah pakai masker, apalagi dari bandara yang terminal luar negeri," ujarnya.
Sama halnya dengan Yadi, Sahrul Alamsyah (48) yang tinggal di daerah Kramat Jati mengatakan bahwa perusahaan selalu mengimbau mitranya untuk mengenakan masker. Tapi ini sendiri masih membuat ia bingung harus berbuat apa.
Saya itu saya tengah menaiki mobil online dan menyadari bahwa Pak Sahrul tidak mengenakan masker. Lantas terlontar ucapan "kenapa tidak pakai masker pak?'".
"Saya nggak pakai masker, kalau kita pakai masker takutnya penumpang takut kan. Tapi ada yang nanya 'kok nggak pake masker', jadi bingung kan," jawabnya.
Namun untuk pencegahan, selain minum air putih yang cukup dan menjaga stamina agar tetap fit, Sahrul juga selalu sedia hand sanitizer di dalam mobil.
"Bawa hand sanitizer, siapa tahu ada penumpang kasih uang kan, bayarnya cash, kita pegang. Sering pakai juga, kalau udah berasa nggak enak nih tangan langsung pakai," tandasnya.



Simak Video "Tompi Soroti 'Korban' Corona Tak Hanya Ojol"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)