Minggu, 22 Mar 2020 19:07 WIB

Bill Gates: Social Distancing Satu-satunya Cara Hambat Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates Bill Gates: Social Distancing Satu-satunya Cara Hambat Corona. Foto: Reuters
Jakarta -

Social distancing atau pembatasan sosial dipandang sebagai cara efektif dalam memutus penyebaran virus corona. Bill Gates pun menekankan hal itu, ia berpesan jangan meremehkan upaya social distancing.

"Satu-satunya model yang diketahui berhasil adalah upaya social distancing yang serius," begitu pesannya dalam forum tanya jawab di Reddit baru-baru ini.

"Apabila Anda tidak melakukannya, maka penyakit (corona) akan menyebar ke persentase tinggi populasi dan rumah sakit Anda akan overload oleh kasus," cetusnya.

Meski ada berbagai dampak besar misalnya di bidang ekonomi, pembatasan sosial harus tegas dilakukan. Ia meyakini negara kaya yang melakukan aksi tepat dengan tes dan social distancing aman menghindari level tinggi infeksi corona dalam 2 sampai 3 bulan.

Masalahnya menurut sang pendiri Microsoft adalah di negara berkembang yang mungkin tak dapat melakukan social distancing dengan cara seperti di negara maju. Ia mencemaskan pula kapasitas rumah sakit yang lebih sedikit.

Gates juga menyinggung keberhasilan China dalam melakukan isolasi. "Setelah 23 Januari saat mereka sadar betapa seriusnya, mereka menerapkan isolasi sosial kuat yang membuat perbedaan besar," tulis dia.

"Tentu isolasi menciptakan banyak kesulitan pada orang yang terlibat tapi mampu menghentikan penyebaran. Negara lain melakukannya berbeda tapi kombinasi tes dan isolasi sosial jelas berhasil dan itulah yang kita punya sampai kita mendapat vaksin," tegas Gates.



Simak Video "Digelar 23 Maret, Pemilihan Wagub DKI Terapkan Social Distancing"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)