Update Chrome dan Chrome OS Ditunda Gara-gara Corona

Update Chrome dan Chrome OS Ditunda Gara-gara Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 22 Mar 2020 12:22 WIB
Google Chrome
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google memutuskan untuk menunda perilisan update Chrome dan Chrome OS karena meningkatnya penyebaran virus corona.

Dalam pernyataannya, Google menyebut pengaturan ulang jadwal pekerjaan sebagai alasan penundaan tersebut. Pasalnya, banyak engineer mereka yang bekerja dari rumah, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Minggu (22/3/2020).

Pernyataan resmi ini dikeluarkan Google setelah mereka batal merilis pembaruan Chrome v81. Padahal sebelumnya mereka sudah menggembar-gemborkan perilisan Chrome anyar pada 17 Maret tersebut lewat video di YouTube, postingan di Twitter, dan postingan di blog resminya.

Namun setelah pembaruan tersebut tak jadi dirilis, semua materi kampanye tersebut langsung dihapus. Tampaknya berbagai materi kampanye itu sudah terlanjur dijadwalkan untuk dipublikasikan sejak lama.

Sebelumnya, sejumlah pegawai Google pun sudah menyebut kalau kehadiran v81 tersebut ditunda karena wabah virus corona yang semakin meluas, yang membuat tak banyak engineer yang bisa berjaga saat ada masalah yang muncul ketika pembaruan tersebut dirilis.

Untuk saat ini, Google berencana untuk merilis semua pembaruan keamanan yang ada di Chrome 81 dalam bentuk pembaruan minor untuk Chrome 80. Mereka masih menunda semua update mayor sampai keadaan normal kembali.

Alasan penundaan Google ini sebenarnya sangat masuk akal, mengingat Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Kalau sampai ada masalah yang muncul pada pembaruan tersebut dan engineer yang ada tak cukup banyak, dampaknya tentu akan sangat besar bagi banyak pihak.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)