Ayo Coba Chatbot WHO di WhatsApp Biar Bebas Hoax Corona

Ayo Coba Chatbot WHO di WhatsApp Biar Bebas Hoax Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 21 Mar 2020 14:31 WIB
ilustrasi hoax or not
Cek data terbaru virus corona di chatbot WHO yang ada di WhatsApp. (Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Di tengah pandemi corona, masih banyak orang iseng yang memberikan hoax atau informasi yang menyesatkan. WHO bekerjasama dengan WhatsApp meluncurkan chatbot yang akan menjawab pertanyaan terkait virus corona semisal data terbaru virus corona.

Bisa hubungi kemana? Dikutip dari End Gadget, akun WhatsApp WHO Health Alert ada di nomor (+417 9893 1892), ketika pengguna mengetik 'hi!' maka layanan akan memberikan respon termasuk di dalamnya data terbaru.

Dikarenakan WhatsApp adalah layanan pengirim pesan privat dan digunakan oleh lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia, ini juga menimbulkan tantangan dalam peperangan melawan informasi yang salah.

Saat detikINET menjajal chatbot WHO di WhatsApp.Saat detikINET menjajal chatbot WHO di WhatsApp. Foto: Tangkapan layar detikINET

Jawaban chatbot WHO di WhatsApp.Jawaban chatbot WHO di WhatsApp. Foto: Tangkapan layar detikINET

Tidak seperti jejaring sosial dan mesin pencari lainnya, pesannya dienkripsi dan tidak dapat dilacak. Hal ini membuat WhatsApp sangat sulit untuk menindak berita palsu.

Tahun lalu, WhatsApp sempat mengurangi batas forward pesannya menjadi hanya lima orang atau kelompok dalam upaya untuk mengekang informasi yang salah. Nah, chatbots dari sumber terpercaya seperti WHO bisa menjadi cara lain untuk memerangi informasi yang salah.

Semoga berguna untuk Anda semua, detikers!



Simak Video "WHO Galang Solidaritas untuk Keadilan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)