Sabtu, 21 Mar 2020 13:29 WIB

Work From Home Bikin Kuota Internet Jebol? Begini Cara Mengatasinya

Yudistira Imandiar - detikInet
work from home Work From Home Bikin Kuota Internet Jebol? Begini Cara Mengatasinya (Foto: shutterstock)
FOKUS BERITA Balada Work From Home
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat melakukan social distancing dengan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Beberapa sekolah telah meliburkan siswanya, pun dengan perusahaan-perusahaan menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi karyawan.

Tinggal di rumah seharian membuat pemakaian internet pun meningkat seiring dengan kebutuhan akan informasi dan komunikasi. Internet seolah menjadi kebutuhan primer untuk mengirim pekerjaan ke kantor, berkomunikasi dengan kerabat, sampai mencari informasi dan hiburan di jagad maya.

Tapi, kamu tetap bisa melakukan social distancing dengan nyaman tanpa takut kehabisan kuota internet. Melansir reviews.org, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mereduksi biaya penggunaan internet selama menjalani social distancing.

Atur jumlah pemakaian

Smartphone sudah memiliki program untuk membatasi penggunaan kuota internet. Dengan program tersebut, kamu bisa menetapkan limit penggunaan internet harian di ponsel sehingga pemakaian lebih terkontrol.

Buat prioritas kebutuhan

Agar biaya internet nggak kebobolan, gunakan internet secara bijak. Maksudnya, alokasikan kuota internet untuk kebutuhan paling penting, semisal mengerjakan tugas dari kantor atau sekolah. Jika tidak mendesak, kurangi pemakaian telepon dan video call menggunakan platform chatting online. Selain itu, jangan membuka sosial media dan streaming video terlalu sering karena aktivitas tersebut menyedot banyak kuota.

Matikan update otomatis dan lokasi

Update aplikasi secara otomatis bakal menyedot kuota internet tanpa terkontrol. Oleh sebab itu, matikan pembaruan aplikasi secara otomatis di Google Play atau App Store. Selain itu, nonaktifkan juga GPS agar ponsel tidak melakukan update lokasi menggunakan internet. Dengan mengendalikan secara manual, kamu bisa mengontrol penggunaan internet pada ponsel.

Pilih provider dengan penawaran harga terbaik

Tidak ada salahnya membandingkan harga paket internet dari berbagai provider. Kamu bisa memilih penyedia layanan internet yang punya koneksi stabil dengan harga paket yang terjangkau. Provider Smartfren misalnya yang baru saja merilis Starter Pack 1ON+ ( 1 on plus) yang on terus selama 365 hari. Dengan membeli kartu perdana 1ON+ seharga Rp 20 ribu, pelanggan akan mendapatkan bonus #kuotaantiwaswas 500MB setiap bulannya selama 6 bulan dan tambahan bonus kuota 250 MB setiap minggu selama setahun dengan isi ulang minimal Rp 10 ribu.Tersedia juga paket isi ulang berupa voucher data 1 GB seharga Rp 7.500 dan 1,5 GB seharga Rp 10 ribu dengan masa berlaku tujuh hari. Selain itu, pelanggan juga mendapatkan bonus gratis biaya telpon ke sesama pengguna Smartfren untuk memudahkan menghubungi keluarga, saudara dan teman-teman. Jadi selama di rumah kamu #StaySafeAntiWasWas.



Simak Video "Tips Work From Home Tetap Menyenangkan Versi Cowok"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
FOKUS BERITA Balada Work From Home