Kita Bisa! Yuk, Ramai-ramai Donasi Lawan Corona

Kita Bisa! Yuk, Ramai-ramai Donasi Lawan Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 20 Mar 2020 08:31 WIB
Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Kementerian Kesehatan menyatakan hingga Kamis 5 Maret ini ada 156 pasien dalam pengawasan virus corona yang tersebar di 35 rumah sakit di 23 provinsi, 2 diantaranya merupakan pasien positif corona yang masih dirawat di RSPI Prof Dr Sulianti Saroso. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Kita Bisa! Yuk, Ramai-ramai Donasi Lawan Corona. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

Bertambahnya kasus virus corona di Indonesia membuat orang-orang tergerak untuk mengulurkan bantuan. Seruan untuk bersama-sama menghadapi wabah COVID-19 lewat donasi digaungkan di mana-mana.

Hal ini setidaknya terlihat dari pantauan detikINET di situs crowdfunding Kitabisa.com. Jika kalian mengunjungi halaman utama Kitabisa.com saat ini, sebagian besar kampanye urun dana yang muncul adalah yang terkait dengan virus corona.

Kampanye ini digagas oleh bermacam elemen masyarakat, mulai dari organisasi hingga individu. Para public figure dan influencer pun memanfaatkan dengan baik pengaruhnya untuk mengajak orang menggalang dana. Sebut saja penyanyi Afgansyah Reza, selebgram Rachel Vennya, YouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika, Atta Halilintar, pengamat musik Adib Hidayat, hingga dokter muda Anton Tanjung.

Donasi yang terkumpul tersebut ditujukan untuk bermacam pertolongan terkait wabah COVID-19. Mulai dari penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis, membantu kebutuhan ekonomi warga yang rentan corona, sterilisasi tempat-tempat publik, penyediaan masker, berbagi makanan untuk tenaga medis, dan masih banyak lagi.

"Kasus virus Corona di Indonesia terus bertambah. Untuk bersama-sama menghadapi COVID-19, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kitabisa mengajak para #OrangBaik untuk gotong royong saling memberi informasi dan membantu berbagai kebutuhan yang diperlukan," demikian disampaikan Kitabisa seperti dikutip dari blog resminya.

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, Kitabisa juga merekomendasikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk saling membantu melawan virus Corona. Berikut diantaranya:

1. Donasi Bantu Kebutuhan Alat Pelindung Diri

Melalui donasi di galang dana Kitabisa, bantuan akan disalurkan untuk berbagai kebutuhan seperti membantu penyediaan alat untuk tenaga kesehatan, program sanitasi, bantuan makanan untuk masyarakat kurang mampu yang terisolasi, dan lain-lain. Penyaluran donasi akan dilakukan secara transparan dengan memberikan laporan atau update secara berkala di masing-masing galang dana. Donasi untuk melawan corona di sini.

2. Tenaga Kesehatan atau Masyarakat Umum yang Membutuhkan

Kalau kamu merupakan tenaga kesehatan atau masyarakat umum yang membutuhkan bantuan, baik masker, APD, hand sanitizer, dan lain-lain, silakan isi form berikut.

Setelah mengisi form tersebut, tim Kitabisa akan menghubungi kamu dan menindaklanjuti untuk mendistribusikan bantuan.

3. NGO, Lembaga, Komunitas, Organisasi, Individu

Jika kamu adalah bagian dari NGO, Lembaga, Komunitas, Organisasi, atau Individu yang bisa membantu penyaluran bantuan ke lokasi tertentu, silakan isi form berikut. Tim Kitabisa akan menghubungi segera untuk berkoordinasi mendistribusikan bantuan.

4. Info Supplier Barang yang Dibutuhkan

Ketersediaan masker N95, disinfektan, APD, dan kebutuhan medis lainnya menjadi terbatas di tengah kondisi wabah seperti sekarang. Oleh karena itu, jika kamu mengetahui informasi tentang pemasok barang yang dibutuhkan, silakan isi form berikut. Kitabisa membutuhkan banyak pasokan barang medis untuk penyaluran bantuan ke berbagai lokasi.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. Semua data dari form di atas dapat diakses dan diupdate secara berkala di halaman data bantuan Kitabisa.

Yuk, saling membantu dengan apa yang kita bisa. Kalian boleh sebarkan informasi ini agar lebih banyak orang yang membantu.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)